BERITABETA.COM, Ambon – Infrastruktur jalan trans pulau seram khususnya yang menghubungkan wilayah Piru menuju Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku sempat rusak parah hingga menyebabkan akses transportasi di kawasan ini lumpuh total.

Akibat kerusakan parah di sejumlah ruas jalan tersebut, warga lalu mengadukan masalah ini ke Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Maluku, M Hatta Hehanussa, anggota legislatif dari daerah pemilihan SBB.

Anggota legislative asal Partai Gerindra ini kemudian menghubungi dan berkordinasi dengan pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Maluku.

Setelah itu tim Satuan Kerja dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BPJN langsung turun ke lokasi melakukan perbaikan pada infrastruktur vital tersebut. Kini jalur Piru --- Taniewel kembali berfungsi dan normal.

Hatta menerangkan, koordinasi yang dilakukan menindaklanjuti aduan warga dilakukan karena BPJn merupakan mitra kerja Komisi III DPRD Maluku.

“Pada Rabu sore kemarin, kawasan jalan Taniwel yang rusak itu sudah diperbaiki. Tim sudah turun ke sana. Alhamdulillah, saat ini akses transportasi jalur ini sudah normal.” Jelas Hatta kepada Beritabeta.com Kamis (20/01/2022).

Berdasarkan laporan yang diterima pihak terkait, jalan tersebut mengalami kerusakan parah akibat gejolak alam atau intensitas hujan yang tinggi di wilayah Pulau Seram dalam beberapa hari terakhir.

Kerusakan terjadi atau ditemukan pada enam titik atau segmen lokasi patahan pada jalur ini hingga ambruk. Akibat patahan tersebut memutus akses transportasi kendaraan baik roda empat.

 

Menurut Hatta, pihak BPJN tengah meneliti penyebab utama patahan jalan tersebut melalui Bintek untuk dikeluarkan rekomendasi Penanganan berdasarkan Tinjauan Geologi, agar menjadi masukan kepada Konsultan Perencanaan P2JN Tahun 2022.

Ia berterima kasih kepada Kepala BPJN dan Tim yang telah bergerak cepat guna menangani kerusakan pada ruas jalan trans tersebut.

“Selaku abdi negara dan masyarakat, tindakan cepat yang dilakukan oleh Kepala BPJN dan Timnya ini harus dipertahakan dan ditingkatkan. Tindakan cepat ini merupakan prestasi dalam melayani masyarakat,” kata Hatta Hehanussa. (BB)

 

Editor: Redaksi