BERITABETA.COM, Bula — Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan [Kadis Dikbud] Provinsi Maluku Dr. Insun Sangadji mengungkapkan, mutu pendidikan di Maluku saat ini masih berada di urutan paling bawah dari 34 provinsi di Indonesia.

Untuk itu, Sangadji berharap mutu pendidikan di Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] harus baik dan maju sejajar dengan kabupaten/kota lainnya di bumi raja-raja itu.

"Harapan saya, katong [Kita] semua gotong royong untuk dedikasikan sisa umur ini untuk meningkatkan pendidikan di Maluku," ungkap Insun Sangadji kepada beritabeta.com usai mengikuti upacara Hari Ulang Tahun [HUT] Persatuan Guru Republik Indonesia [PGRI] dan Hari Guru Nasional [HGN] ke-76 Tingkat Provinsi di Lapangan Pancasila Kota Bula, Sabtu (4/12/2021)

Ia membeberkan, peningkatan mutu pendidikan menjadi konsentrasinya dalam mengemban jabatan yang diamanahkan Gubernur Maluku Murad Ismail kepadanya.

Sangadji mengaku, pada setiap kesempatan, dia terus memicu dan memotivasi semua guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di Maluku. Sehingga, dia minta agar para guru tetap dengan tujuan utamanya dengan terus mengabdi dan bekerja dengan hati.

"Ini menjadi PR buat kami semua dan menjadi harapan saya, bahwa mutu pendidikan di Maluku harus meningkat," tegas Insun Sangadji.

Dia juga menerangkan, saat ini masih banyak problem pendidikan yang dihadapi, termasuk kekurangan tenaga guru mata pelajaran pada sekolah-sekolah yang berada di wilayah pesisir.

Akibatnya dari kekurangan guru mata pelajaran, satu guru harus mengajar lebih dari satu mata pelajaran. Sehingga pihaknya terus berupaya untuk membenahi agar semua guru mengajar dengan bidangnya masing-masing.

"Problemnya adalah banyak guru yang mengajar tidak sesuai dengan bidangnya. Itu yang sekarang saya benahi, saya mencoba melinierkan semua guru dengan bidangnya," akuinya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi