BERITABETA.COM, Bula — Sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru yang dimekarkan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) SBT rutin melakukan simulasi dasar.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Damkar SBT, Ahmad Fauzi Saflut kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (10/6/2024) mengungkapkan, kegiatan simulasi ini dilakukan setiap minggu sekali.

Simulasi yang dilatih oleh salah satu staf teknis bernama Nur Ahmad ini masih kategori simulasi dasar untuk pengenalan alat, cara masuk memadamkam api dan cara menyelamatkan orang saat kebakaran terjadi.

"Setiap satu minggu diadakan simulasi satu kali. Mulai dari pengenalan alat, bagaimana cara untuk memadamkan api, bagaimana cara untuk bisa menyelamatkan orang apabila dikepung oleh api itu sendiri. Itu masih simulasi dasar sebenarnya," ungkap Ahmad Fauzi Saflut.

Saflut mengaku, pada beberapa waktu lalu, dia berencana menyurati PT. Citic Seram Energy Limited (CEL) untuk dilakukan pelatihan bersama di area perusahaan yang bergerak pada minyak bumi itu.

Hanya saja kata dia, ada kendala yang dihadapi, sehingga direncanakan pelatihan tersebut baru akan dilaksanakan pada pekan mendatang.

"Beberapa minggu yang lalu kami rencana menyurati Citic untuk pelatihan bersama di Citic, namun masih ada beberapa kendala yang kemudian mungkin minggu depan baru kami laksanakan pelatihan di Citic," akuinya.

Kepala Bagian (Kabag) Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD SBT itu membeberkan, selama ini pegawai-pegawai honor yang bertugas pada Dinas Damkar SBT itu sangat membantu Pemerintah Daerah (Pemda).

Pasalnya, setiap kejadian kebakaran yang terjadi di Kota Bula beberapa bulan terakhir ini, para honorer ini yang aktif di lapangan dalam melakukan pemadaman.

"Petugas Damkar yang ada, pegawai-pegawai honor ini kemudian membantu sekali. Selama ini ada kejadian kebakaran, pegawai-pegawai honor yang membantu kita di dalam mengeksekusi kejadian-kejadian kebakaran," bebernya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi