BERITABETA.COM, Jakarta - Voxpopuli Research Center merilis temuan survei elektabilitas capres jelang pemilu 2024 pada Jumat (15/9/2023).

Hasilnya, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto unggul telak dengan perolehan 52,3% suara, kalahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 31,8% suara.

"Dalam simulasi dua nama capres head to head, Prabowo unggul telak mengalahkan Ganjar," kata peneliti senior Voxpopuli Research Center Prijo Wasono.

Prabowo pun tetap berada di puncak klasemen ketika dihadapkan dengan tiga nama. Elektabilitas Ketum Partai Gerindra itu mencapai 26,2%, disusul Ganjar dengan 24,3% dan Anies Baswedan 16,1% suara.

Menurut Prijo, unggulnya Prabowo dipengaruhi oleh migrasi para pemilih nama-nama capres lain di luar posisi tiga besar. Prabowo berhasil meraup tambahan hingga 10,6 persen dari pencapaian elektabilitas pada simulasi banyak nama.

"Prabowo masih menjadi pilihan alternatif jika hanya tersedia tiga kandidat yang berlaga,” ujarnya.

Sementara itu, Prijo menyebut penentuan cawapres juga berpotensi untuk menambah modal dukungan. Sehingga, sangat penting bagi Prabowo untuk memiliki sosok yang tepat untuk memperbesar elektabilitas dan memperkukuh Koalisi Indonesia Maju.

"Meskipun relatif menikmati besarnya elektabilitas, Prabowo memerlukan figur cawapres yang tepat untuk menjaga dukungan koalisi serta memperbesar suara di luar basis-basis kuat pendukung Prabowo," ujar Prijo.

Voxpopuli Research Center melaksanakan surveinya sepanjang 1-7 September 2023 dengan populasi survei merupakan seluruh WNI yang memiliki hak pilih dengan multistage random sampling sebanyak 1.200 responden. Margin of error +/- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95% (*)

Editor : Redaksi