BERITABETA.COM, Bula — Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Seram Bagian Timur Idris Rumalutur, membuka Rapat Kerja Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA dan SMK Kabupaten SBT di Lantai II Hotel Surya, Bula, Kabupaten SBT, Jumat (11/6/2021).

Dalam forum para pahlawan tanpa tanda jasa itu diharapkan dapat merumuskan kebijakan yang inovatif demi meningkatkan sumber daya manusia (SDM) SBT khususnya dan Maluku pada ukumnya.

Wabup SBT dalam sambutannya menyatakan, pendidikan sebagai salah satu pilar penting untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di kabupaten berjuluk Ita Wotu Nusa itu.

Ia menegaskan, pembangunan pendidikan secara nasional maupun regional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi dalam manajemen pendidikan.

"Tentunya ini untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global penjabaran dari tujuan pembangunan pendidikan,"jelasnya.

Dalilnya, perubahan dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin cepat termasuk dinamika sosial dan politik telah ikut mempengaruhi pilihan strategi komunikasi dan diseminasi informasi publik.

Hal ini akan menjadi tantangan sekaligus catatan bagi semua pihak di Kabipaten SBT untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan dan perubahan tersebut.

"Oleh karena itu, diseminasi informasi publik menekankan kita pada proses inovasi yang direncanakan, diarahkan dan dikelola secara matang dengan pandangan jauh kedepan dan terprogram," tandasnya.

Ketua Yayasan Gita Tita Falamury ini berharap, melalui Raker yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku ini dapat merumuskan kebijakan yang inovatif.

Sebab kebijakan yang inovatif itu ikut memberikan kontribusi dalam pemenuhan mutu pendidikqn sesuai rencana dengan kebutuhan wilayah yang melibatkan pemangku kepentingan dalam proses penyusunannya.

"Diharapkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten SBT dapat memberikan gambaran terkait potret utuh rencana pembangunan pendidikan dan realitas pelaksanaan pendidikan di Kabupaten SBT," timpalnya.

Ikut hadir dalam kegiatan iini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku dr. Insun Sangadji, Kepala Dinas Pertanian Hasanudin Kelian, Plt Kepala Dinas Kesehatan SBT Samun Rumakabis, Plt Kepala Kemenag SBT Moksen Mahu dan sejumlah Kepala Sekolah SMA dan SMK di Kabupaten SBT. (BB-AZ)