BERITABETA.COM, Ambon – Walikota Ambon Richrad Louhenapessy dan keluarganya terpapar Covid-19. Kabar ini dibenarkan Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kota Ambon Joy Adriaansz.

"Benar Walikota Ambon terpapar Covid19," kata Joy ketika dikonfirmasi beritabeta.com via telepon selulernya, Selasa (27/7/2021) malam.

Joy menjelaskan kronologi Walikota Ambon positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil Tracing dan Testing kontak erat sopir Walikota yang lebih dulu terpapar beberapa waktu lalu.

"Proses 3T dilakukan terhadap kontak erat yaitu Walikota Ambon dan keluarga berserta semua staf dan ART yang ada di rumah jabatan Walikota," katanya.

Ia menjelaskan, untuk tes Swab PCR  Walikota dan istri dilakukan di Rumah Sakit FX Rahardjo (RSAL) Ambon, bukan di RS Siloam seperti keterangan sari Satgas Covid-19 Provinsi di salah satu media dan hasilnya baru diinformasikan Selasa (27/7/2021) pagi.

Sementara untuk anggota keluarga yang lain, bersama staf dan ART hasil pemeriksaan dari BPTKL baru keluar Selasa sore ini.

"Dari hasil Swab PCR, ternyata yang positif ada empat orang yakni Walikota, Istri, anak Walikota inisial EL, dan satu orang ART, sementara yang lainnya negatif," terangnya.

Jubir menjelaskan, saat ini keempatnya, tengah menjalani isolasi dan perawatan di RSUP Dr.Leimena. Kondisi Walikota bersama istri dan anak, diketahui  sangat baik, dan terus dipantau Tim Dokter.

"Kondisi kesehatan Bapak Walikota dan keluarga sangat baik, dan saat ini dalam perawatan di RSUP Dr.Leimena," jelas Jubir.

Jubir mengingatkan, Covid19 adalah virus berbahaya yang bisa menyerang siapa saja, termasuk Walikota Ambon dan keluarga yang selalu menerapkan disiplin prokes 5M secara Ketat. Olehnya  itu, masyarakat dihimbau agar selalu berhati-hati dan menerapkan protokol kesehatan.

"Walikota dan istri yang sudah divaksin dan selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat saja bisa terpapar, jadi jangan pernah mengabaikan protokol kesehatan," terangnya.

Joy juga meminta dukungan doa dari seluruh masyarakat kota Ambon bagi Walikota Ambon dan keluarga yang terkonfirmasi positif.

"Mohon dukungan doa dari seluruh masyarakat bagi kesembuhan Bapak Walikota bersama keluarga," ungkapnya (*)

Pewarta : Dhino pattisahusiwa