BERITABETA.COM, Bula — Sebanyak 200 warga di Kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mengikuti Serbuan Vaksinasi Maritim Covid-19 tahap satu yang dilakukan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada (Koarmada) III.

Kegiatan vaksinasi yang berlangsung di Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan SBT, Rabu (28/7/2021) itu dipantau langsung Komandan Guspurla Koarmada III Laksamana Pertama TNI AL Retiono Kunto, Wabup SBT Idris Rumalutur, Pj Sekda SBT Jafar Kwairumaratu, Plt Kadis Kesehatan SBT, Kapolres SBT Andre Sukendar dan Danramel Bula Kapten Infanteri Iksan Luky Pattimura.

Komandan Guspurla Koarmada III Laksamana Pertama TNI AL Retiono Kunto mengungkapkan, kegiatan serbuan vaksin maritim yang digagas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Yudo Margono tersebut untuk mendukung program Pemerintah Republik Indonesia.

Retiono mengaku, serbuan vaksin maritim itu diintruksikan untuk dilaksanakan oleh seluruh komponen angkatan laut, termasuk seluruh Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) yang ada di wilayah Indonesia.

"Masing-masing ada tugasnya, kemudian untuk di pulau-pulau maka dilaksanakan oleh salah satunya Guspurla Koarmada III. Jadi kegiatan ini sudah berlangsung dan selanjutnya ada beberapa tempat lagi yang bisa kita laksanakan" ungkap Laksamana Pertama TNI AL Retiono Kunto.

Dia menjelaskan, untuk di kota-kota besar akses untuk melakukan vaksinasi secara mudah, sehingga untuk wilayah kepulauan yang sulit maka memerlukan sinergitas semua pihak.

Untuk itu kata dia, selain di SBT, kegiatan vaksinasi maritim itu rencananya dilakukan di beberapa daerah lainnya di Provinsi Maluku, namun akan menyesuaikan dengan kondisi alam.

"Khusus Provinsi Maluku ada beberapa kabupaten. Ada Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten SBB, kemudian Buru, ada juga Kabupaten Maluku Barat Daya, disana pulau-pulaunya terpisah dan terpencil. Dipisahkan oleh kondisi geografis yang begitu menantang, jadi doakan supaya bisa segera kita realisasikan" tandasnya.