BERITABETA.COM, Ambon – Dalam waktu yang tidak lama lagi, aktivitas warga  di 32 titik strategis di Kota Ambon akan terpantau oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Program ini merupakan realisasi dari Command Center (Pusat Komando) Pemkot Ambon yang saat ini telah diuji coba pada tahap akhir.

Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriaansz mengatakan, Pemkot Ambon telah menyelesaikan pemasangan Closed-Circuit Television (CCTV) di 32 titik yang tersebar di Kota Ambon dan sementara melakukan uji coba.

“Uji coba perangkat CCTV yang terpasang sudah kami lakukan. Kami juga melakukan kerjasama dengan Polda Maluku, dan dalam waktu dekat koneksi dengan CCTV milik Polda Maluku akan segera terhubung,” kata Kadis kepada wartawan di Ambon, Kamis (4/2/2021).

Ia menjelaskan, sejumlah CCTV yang terpasang ini tidak hanya pada jalan protokol, tapi juga lokasi-lokasi strategis, diantaranya pada area fasilitas umum, fasilitas pemerintah, tempat pembuangan sampah, dan sungai besar.

Seluruh titik CCTV itu, lanjutnya,  akan menjadi dashboard command center untuk terus dimonitor dan ditindaklanjuti secara cepat oleh OPD terkait, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing – masing.

“Kita berharap dengan adanya Command Center ini setiap  OPD terkait lebih cepat tanggap mengatasi berbagai persoalan yang timbul di tengah  masyarakat,” tutupnya (BB-DIO)