BERITABETA.COM, Bula — Sebanyak 40 unit rumah milik kepala keluarg (KK) kategori miskin di Negeri Bula, Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) akan memperoleh bantuan program Rehab Rumah Keluarga Miskin dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepastian ini disampaikan Penjabat Kepala Pemerintahan Negeri Bula, Ismail Pattikupang kepada beritabeta.com, di Bula, Kamis (4/3/2021).

Ismail menjelaskan, 40 KK penerima bantuan itu telah memenuhi syarat dan dinyatakan berhak menerima bantuan tersebut.  Jumlah ini sudah melalui tahapan  pendataan dan verifikasi sebelumnya oleh pihak desa setempat untuk diberikan ke Dinas PUPR SBT dan diteruskan ke Kementerian PUPR.

"Iya sudah selesai verifikasi data penerima, mungkin besok atau lusa materialnya sudah didatangkan untuk dong bisa kerja" kata Pattikupang.

Menurutnya, anggaran yang diberikan dinas untuk pembangunan setiap unit rumah sebesar Rp20 juta. Namun lanjut dia, bantuanya diserahkan dalam bentuk bahan.

"Per satu rumah 20 juta, biaya tukangnya ada 2.500 ribu, belanja materialnya itu ada 17.500 ribu. Itu per rumah yang beta dapat info dari dong pung pendamping begitu" akuinya.

Sebagai bentuk terima kasih, kata dia, pihaknya mengapresiasi Kementerian PUPR atas bantuan perumahan yang diperoleh warganya. Dia berharap kedepan program Kementerian ini dapat berjalan secara berkesenanbungan.

Dikatakan, dengan bantuan perumahan kepada warga kurang mampu ini, diharapkan dapat memperbaiki taraf hidup masyarakat di daerah ini.  Tentunya dimulai dari tempat tinggal mereka karena potret SBT adalah Kota Bula.

Untuk diketahui, program ini merupakan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau dikenal dengan Bedah Rumah yang merupakan program dari Kementerian PUPR melalui Ditjen Perumahan untuk peningkatan kualitas rumah di 449 kabupaten/kota (BB-AZ)