BERITABETA.COM, Bula — Sebanyak 45 negeri administratif di Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] siap menggelar Pemilihan Kepala Desa [Pilkades] serentak pada akhir November 2022.

Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas [Plt] Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa [PMD] SBT M. Bahrum Weulartafella kepada beritabeta.com melalui telepon selulernya, Minggu (2/10/2022).

Bahrum membeberkan, 45 negeri administratif yang tersebar pada kecamatan Bula, Teluk Waru, Tutuk Tolu, Kiandarat, Siritaun Wida Timur, Seram Timur, Kilmury, Pulau Gorom, Gorom Timur, Pulau Panjang dan Siwalalat itu difokuskan bagi karateker dari Tenaga Kesehatan [Nakes] dan guru.

"45 negeri administratif yang tersebar di 12 kecamatan siap menggelar Pilkades serentak pada akhir November 2022. Kami prioritaskan karateker desa yang dipimpin Nakes dan guru," ungkap M. Bahrum Weulartafella.

Mantan Camat Kiandarat ini mengakui, saat ini Dinas PMD sudah melakukan tahapan sosialisasi dan pembentukan panitia pemilihan pada tingkat desa untuk selanjutnya panitia membuka pendaftaran calon.

"Saat ini tahap sosialiasi sekalian pembentukan panitia pemilihan di desa. Tahap selanjutnya yakni panitia pada tingkat desa membuka pendaftran calon," akuinya.

Untuk diketahui, 45 negeri administratif yang siap menggelar Pilkades serentak 2022 ini yakni Negeri Administratif Wailola dan Kampung Gorom Kecamatan Bula, Tubir Masiwang Kecamatan Teluk Waru, Bati Kilwouw dan Taruy Kecamatan Tutuk Tolu, Artafela, Angar dan Kileser Kecamatan Kiandarat.

Negeri Administratif Keta Rumadan, Salagur Air, Keta, Suru dan Liantasik Kecamatan Siritaun Wida Timur, Guli-Guli dan Manggis Kecamatan Seram Timur, Selor, Afang Kota, Gunak dan Undur Kecamatan Kilmury, Lapela, Elnusa dan Adabai Kecamatan Siwalalat.

Kemudian Dada Kataloka, Aroa Kataloka, Usun Kataloka, Buan Kataloka, Kilalir Kilotak, Kulugoa, Kelibingan, Namalean, Sera, Loko dan Kilili Kecamatan Pulau Gorom, Miran Rumuar, Miran Keledar, Basarin, Goha, Bas, Adar dan Tinaru Kecamatan Gorom Timur, Magat, Ruku-Ruku dan Basaranggi Kecamatan Pulau Panjang. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi