BERITABETA.COM, Ambon –  Penantian panjang ratusan kepala keluarga (KK) di Desa Kilmury di Kecamatan Kilmury, Seram Bagian Timur (SBT), untuk menikmati pasokan listrik akhirnya terwujud.

PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) secara resmi melakukan penyalaan dengan memfungsikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di desa tersebut, pada Sabtu (17/8/2024).

Program penyalaan ini merupakan wujud dari program Listrik Desa (Lisdes) yang tersebar di sejumlah daerah di Maluku.

Tersalurnya pasokan listrik ini juga merupakan kado istimewa di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula mengatakan, penyalaan PLTD Kilmury ini menjadi kado HUT ke-79 RI bagi masyarakat di tiga desa, yakni; Desa Kilmury, Kilbon Tewa dan Desa Kilbon Kway.

“Bersamaan dengan peringatan Hari Proklamasi RI, PLN UIW MMU meresmikan penyalaan PLTD Kilmury sebagai kado istimewa bagi tiga desa tersebut,” ungkap Awat.

Menurunya, kemudahan akses listrik adalah mimpi masyarakat di desa-desa ini sejak lama.

“Kehadiran akses layanan kelistrikan ini sejalan dengan komitmen kami untuk menghadirkan energi yang berkeadilan hingga ke pelosok wilayah kerja kami,” sebut Awat.

PLTD Kilmury dengan Daya Mampu 200 kilo Watt (kW) ini akan memberikan layanan listrik selama 6 jam dalam sehari. Masyarakat yang mayoritas kesehariannya bekerja sebagai nelayan dan petani di ketiga desa tersebut diharapkan mampu mengoptimalkan penggunaan listrik untuk kesejahteraan.

“Listrik sebagai kebutuhan dasar ini bisa dioptimalkan untuk mendorong kesejahteraan masyarakat. Entah itu di bidang pendidikan, ekonomi, dan kemajuan lainnya. Kami berharap masyarakat bisa menggunakan akses listrik ini dengan sebaik-baiknya,” harap Awat.

Awat menuturkan, bukan hal yang mudah membangun infrastruktur yang merupakan salah satu kunci keterhubungan. Tantangan letak geografis, terutama kedua provinsi, baik Maluku dan Maluku Utara memiliki ciri khas daerah kepulauan.

Cuaca buruk dan tak menentu di sepanjang 2024 juga tak bisa dihindari. Namun, berkat sinergitas dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat lokal semuanya bisa terwujud juga.

“Mimpi dan antusias masyarakat turut membantu petugas dan PLN UIW MMU mampu mewujudkan mimpi bersama ini,” tutur Awat.