BERITABETA.COM, Ambon — Sebanyak 978 siswa-siswi Madrasah di Provinsi Maluku mengikuti Kompetisi Sains Madrasah tingkat kabupaten dan kota yang mulai digelar pada Sabtu 13-15 Agustus 2022.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah [Penmad] Kantor Wilayah [Kanwil] Kementerian Agama [Kemenag] Maluku La Fata kepada beritabeta.com di Ambon, Sabtu (13/9/2022) mengungkapkan, dari jumlah tersebut terdiri dari 194 siswa Madrasah Ibtidaiyah [MI], 368 siswa Madrasah Tsanawiyah [MTs] dan 416 siswa Madrasah Aliyah [MA].

“Antusias siswa madrasah tahun ini dalam mengikuti KSM sangat baik dan meningkat bila dibandingkan dengan tahun lalu," ungkap La Fata.

La Fata membeberkan, sebanyak 11 bidang studi yang dilombakan dalam KSM 2022 ini. 2 bidang studi untuk jenjang MI adalah Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi.

Untuk jenjang MTs, ada 3 bidang studi yang dilombakan adalah Matematika Terintegrasi, serta IPA dan IPS Terpadu Terintegrasi. Sedang untuk jenjang MA, ada 6 bidang studi lomba, yakni Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi Terintegrasi.

"KSM dilaksanakan secara serentak menggunakan sistem yang disiapkan dan di bawah kendali Komite KSM Nasional. Even ini digelar berbasis elektronik, eksplorasi dan eksperimen," bebernya.

Dia mengaku, untuk penilaian soal KSM dilaksanakan oleh Tim Juri yang berkompeten di bidangnya. Dimana penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan nilai tes dan nilai integritas peserta selama mengikuti tes. 

Ia menambahkan, soal KSM ini menggunakan tiga bahasa yaitu Indonesia, Arab dan Inggris sebagai persiapan go international dimasa mendatang.

"Hasil KSM tingkat Kabupaten dan Kota dipublikasikan akan diumumkan melalui Portal Resmi KSM dan Kemenag," akuinya. (*)

Editor : Redaksi