Abigail Ritiauw

BERITABETA.COM, Ambon - Amboina Underwater Photography Competition (AUPC) 2021 yang digelar oleh Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Pattimura 11-14 Maret 2021 melibatkan sejumlah peserta.

Salah satunya adalah  Abigail Manemori Dianora Ritiauw, siswa SMAN 1 Ambon yang menjadi peserta termuda dalam event ini.

Abigail merupakan siswa kelas X SMAN 1 Ambon dengan usia 15 tahun. Ia mengikuti event ini karena termotivasi dan ingin menyalurkan bakatnya sekaligus juga mempromosikan wisata Maluku, khususnya Kota Ambon.

Kepada wartawan Abigail mengaku,  dia begitu senang dan ingin belajar serta memberikan motivasi kepada anak muda Maluku dan kota Ambon untuk tidak hanya melihat dari sesuatu di darat saja,  tetapi bagaimana melihat yang ada di bawah laut yang ternyata lebih indah.

“Kita tidak cuma snorkeling saja. Kalau ketemu foto makro maka banyak yang kita lihat bahwa sebenarnya di atas itu bukan apa-apa. Masih ada sesuatu yang lebih bagus dibandingkan di atas,  itulah sebabnya kenapa saya lebih tertarik untuk ikut foto,” ungkap Abigail usai pembukaan AUPC 2021 di Lanud Pattimura, Ambon, Kamis (11/3/2021) malam.

Putri dari orang nomor satu di Korem 151 Binaiya ini mengaku sejak tahun lalu ia mulai mengenal alat untuk selam. Namun baru kali ini untuk ikut photography. Selain itu, ia mengaku terinpirasi dan senang karena mendapat banyak teman baik dalam negeri maupun luar negeri sehingga bisa berinteraksi dan berbagi pengalaman bersama.

“Saya dapat banyak teman juga disini bukan hanya dalam negeri tetapi luar negeri,"ujarnya.

la berharap, dengan bakat yang ia miliki dapat menginspirasi anak-anak di Maluku khususnya Kota Ambon bahwa bukan sekedar mencari juara tetapi terpenting adalah pengalaman.

"Untuk anak muda diluar sana sebenarnya kalau untuk menang itu semua orang bisa tetapi pengalaman itu lebih penting,"harapnya (BB-YP)