Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Andreas A Dhewo
Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Andreas A Dhewo

BERITABETA.COM, Ambon - Pelaksanaan Amboina Underwater Photography Competition (AUPC) 2021 dapat membangkitkan sector pariwisata Maluku. Karena itu, Pemeritah Provinsi (Pemprov) Maluku sangat mengapresiasi dan mendukung event tahunan yang diselenggaraan Lanud Pattimura Ambon tersebut.

"Gubernur Maluku Murad Ismail sangat mengapresiasi kegiatan ini, beliau akan hadir saat penutupan event ini Minggu (14/3/2021). Kali ini, AUPC tidak terlalu ramai seperti kemarin tetapi kami akan memberikan apa yang kami punya untuk panitia," kata Sekda Maluku Kasrul Selang saat menghadiri pembukaan AUPC 2021 di Mess Dirgantara Lanud Pattimura, Ambon, Kamis (11/3/2021) malam.

Kasrul menuturkan, TNI Angkatan Udara bukan mengurus seperti ini tetapi bisa melaksanakan event AUPC, sehingga terobosan yang dilakukan merupakan sesuatu yang luar biasa.

“Di provinsi ini program banyak tapi uang sedikit, sehingga kita melakukan inovasi seperti ini telah mempromosi wisata tapi mengeluarkan uang yang tidak banyak,” kata Kasrul.

 Saat ini, lanjut dia, Pemprov menyadari betul situasi pandemi dampaknya memukul industry pariwisata.

“Sekarang kita mau bangkit lagi. Jadi memang kerja keras panitia kali ini lebih giat dari kemarin,”timpalnya.

Sementara itu, Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Andreas A Dhewo dalam kesempatan yang sama menyatakan, Amboina Underwater Photography Competition (AUPC) 2021 telah direncanakan dengan baik sejak tahun lalu.

Lanud Pattimura sebagai pelaksana dan inisiator AUPC tahun 2021 ini adalah yang kedua. Sebelumnya even ini pertama kali telah dilasanaan pada 2020 lalu.

"Kegiatan ini sudah berjalan sejak 2020 lalu. tahun ini yang kedua. Saya berharap event ini menjadi agenda tahunan Pemprov Maluku. Besar harapan kami denngan kegiatan akan membangkitkan Wisata Bahari Maluku khususnya Ambon makin di kenal,"harap Danlanud.

Ia menambahkan, event AUPC beranjak dari local comunity atau Komunitas Lokal. Bukan hanya para driver nasional, namun juga Driver asing yaitu Amerika, Perancis dan Belanda. (BB-YP)