Sekda Maluku pose bersama pemenang Event AUPC di Club House Lanud Pattimura Ambon Minggu malam, (14/03/2021).
Sekda Maluku pose bersama pemenang Event AUPC di Club House Lanud Pattimura Ambon Minggu malam, (14/03/2021).

BERITABETA.COM, Ambon – Pelaksanaan Amboina Underwater Photography Competition (AUPC) 2021 telah ditutup. Penutupan event tahunan ini dilakukan Gubernur Maluku Murad Ismail yang diwakili Sekertaris Daerah Provinsi Maluku Kasrul Selang, di Club House Lanud Pattimura Ambon Minggu malam, (14/03/2021).

Gubernur sangat mengapresiasi event AUPC 2021 Provinsi Maluku ini. Sebab Maluku memiliki potensi pariwisata yang berlimpah seperti keindahan alam wisata sejarah, sosial-budaya, wisata keagamaan dan lainnya.

Menurutnya, salah satu potensi alam yang belum dikembangkan dengan maksimal adalah keindahan bawah laut. Penyelenggaraan AUPC 2021 ini diharapkan dapat menjadi momentum strategis dalam rangka mengembangkan potensi pariwisata Maluku.

Dalilnya, selama kurang lebih empat hari sejak tanggal 11 Maret yang lalu para peserta telah mengeksplor beberapa tempat yang selama ini dijadikan spot. Antara lain di Kawasan Laha dan Pintu Kota, yang dijadikan lokasi kompetisi fotografi bawah laut.

"Kita semua sadar, infrastruktur penunjang olahraga dan wisata bawah laut di Maluku masih sangat terbatas, sehingga keindahan bawah laut Maluku belum dapat dieksplore dengan baik serta belum dijadikan sebagai salah satu spot wisata unggulan,"ungkap Gubernur.

Gubenur mengistrusikan instansi teknis yaitu Dinas Kelautan dan Perikanan serta Dinas Pariwisata Maluku agar dapat melakukan langkah-langkah konstruktif bersama dengan klub-klub olahraga selam maupun masyarakat, demi mengembangkan lokasi selam sebagai sarana pengembangan potensi kelautan dan wisata Maluku.

Ia berujar, berbagai hasil fotografi peserta yang telah tersaji melalui kompetisi AUPC, membuat public dapat menyaksikan kekayaan alam bawah laut yang luar biasa indah dengan keanekaragaman hayati berlimpah.

"Oleh karena itu, saya mengajak semua pemangku kepentingan untuk bersama ikut membantu melestarikan alam bawah laut kita, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat serta keberlangsungan anak cucu kita di masa mendatang,"ajaknya.

Gubernur menambahkan, hasil foto bawah laut para peserta AUPC 2021, akan dipajang di bank-bank di daerah ini yang tujuannya ketika masyarakat masuk ke (bank) dapat melihat karya-karya foto bawah laut dari para pemenang lomba ini.

“Dengan begitu masyarakat juga tahu, ternyata alam bawah laut di sekitar pulau Ambon luar biasa, karena ada banyak hewan laut unik di laut Ambon ini,” bebernya.

Penutupan event APUC 2021 dihadiri oleh Komandan Lanud Pattimura, Kadis Pariwisata Maluku, Kadis Pariwisata Kota Ambon, Direktur RSUP dr.Leimena, serta tamu undangan lainnya. (BB-YP)