BERITABETA.COM, Masohi – Asosiasi Pengusaha Konstruksi Indonesia (Aspekindo) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) melaksanakan perhelatan tugas konstitusional, pemilihan ketua baru Aspekindo Malteng masa bakti 2019-2023.

Musyawarah kabupaten (Muskab) ke-2  ini dihelat dengan tema ”Sinergitas Masyarakat Jasa Konstruksi Dengan Pemerintah Daerah Dalam Proses Percepatan Pembangunan Berkelanjutan,” yang di selengggarakan di lantai tiga hotel One May, Kamis (24/07/19).

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten II Setda Malteng Bahrun Kalaw, Ketua Umum Aspekindo Provinsi Maluku Jacob Waas, Sekretaris Umum DPP Aspekindo Maluku Mukhlis Rumbia, Perwakilan Dinas PU Malteng Husen Tuahena.

Bupati Malteng  yang diwakili oleh Asisten II Sertda Malteng Bahrun Kalaw saat membuka Muskab Aspekindi 2 ini mengatakan, sebagaimana diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Aspekindo,  Muskab merupakan upaya untuk menetapkan figur kepemimpinan serta mengakomodir maupun memperjuangan  aspirasi anggota untuk menjaga, memantau, dan meningkatkan kinerja asosiasi dan badan usaha anggota.

“Bagi saya, terlaksananya kegiatan ini menunjukkan bahwa segenap anggota Aspekindo telah mampu menyikapi, menghormati dan konsekuen dalam menjalankan konstitusi asosiasi, bahkan makin siap memberi kontribusi  positif bagi keberhasilan pembangunan di Malteng,” ungkapnya.

Menurut  Tuasikal,  acara Muskab dengan agenda pemilihan ketua umum ini merupakan suatu amanah konstitusional, yang mesti dilaksanakan untuk memenuhi regulasi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga organisasi Asosiasi Aspekindo, serta memperoleh legalitas dan legitimasi sehingga Asosiasi Aspekindo Malteng, keberadaanya telah memenuhi standar regulasi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang telah di tetapkan.

Tuasikal yakin, tugas terberat kepengurusan hasil musyawarah ini, untuk mengoptimalkan peran Aspekindo  dalam mewujudkan aktualisasi nilai-nilai etika, profesionalisme, dan kompetensi usaha jasa konstruksi, yang diselenggarakan para anggotanya.  

“Saya yakin, Aspekindo akan tetap konsisten  menunjukkan jati diri dan kiprahnya sebagai mitra pemerintah dalam proses pembangunan di daerah yang bertajuk Pamahanunusa ini,”tandasnya.

Tuasikal berharap, anggota Aspekindo tidak hanya memikirkan keuntungan semata, namun perlu juga diimbangi  dan memperhatikan standar serta kriteria yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Melalui sidang pleno yang berlangsung hikmat, secara aklamasi seluruh peserta sepakat dan mufakat memilih  Alan Tampary sebagai Ketua Umum Aspekindo Kabupaten dan Taher Tualeka sebagai Sekretaris pada periode tahun 2019 – 2023. (BB-FA)