BERITABETA.COM – Aksi penipuan makin marak terjadi di tanah air.  Belakangan modusnya makin beragam. Salah satunya tindak penipuan dengan modus malware yang dikirim lewat aplikasi WhatsApp yang menimpa artis Baim Wong.

Bapak dua anak itu mengisahkan pengalaman kena tipu lewat modus ini yang membuat rekeningnya dikuras pelaku.

Baik Wong menuturkan, kejadian itu berawal ketika ia menerima pesan WhatsApp dari nomor yang tak dikenal.  Pengirim chat tersebut mengaku sebagai kurir paket dan mengirim foto berupa dokumen yang dikira merupakan paket yang sedang ditunggu oleh Baim Wong.

Pria kelahiran Jakarta,  27 April 1981 ini mengaku memang sedang menunggu kiriman paket, ia pun langsung membuka file tersebut tanpa berpikir macam-macam. Akan tetapi setelah file itu dibuka, ponsel Baim Wong justru ngeblank dan di situ lah ia mulai curiga.

Setelah file itu dibuka, ponsel Baim Wong justru ngeblank dan di situ lah ia mulai curiga.

"Saya itu ngga ngeh, main klik aja karena saya memastikan paket saya dan anehnya yang muncul adalah tampilan loading beberapa saat. Saya itu agak curiga sebenarnya," kata Baim Wong, mengutip video di Instagramnya, Rabu 1 November 2023.

Suami dari Paula Verhoeven mengaku saat itu memang sedang disibukkan dengan beberapa pekerjaan sehingga ia mengabaikan kecurigaannya tersebut. 

Beberapa hari kemudian setelah kejadian itu, Baim Wong mendapatkan beberapa notifikasi aktivitas transaksi di bank yang aneh dan mencurigakan.

Rekening pribadi milik Baim Wong tiba-tiba mengirim sejumlah uang ke nomer rekening yang tak dikenalnya.

Ia pun langsung menghubungi pihak bank dan menutup nomor rekeningnya.

"Tapi setelah berlalu-lalu, berhari-hari akhirnya kemarin saya dikagetkan dengan beberapa notifikasi transfer bank yang saya terima. Sejumlah uang telah ditransfer dari salah satu rekening saya ke rekening lain yang tidak saya kenal dan di situ saya langsung menghubungi pihak bank dan memutuskan untuk memblokir rekening saya,” jelas Baim Wong.