BERITABETA.COM, Ambon — Sudah dua hari hilang di laut, nelayan asal Desa Kampung Baru, Kecamatan Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah [Malteng] Hendra Renata (45) ditemukan dalam kondisi selamat.

SAR gabungan mendapat informasi Hendra Renata hilang dari Koordanator Pos SAR Banda pada pukul 11.21 WIT. Korban  ditemukan oleh Kapal MT Alice XXV pada saat melintasi perairan laut Banda pukul 10.50 WIT.

"Kapal jenis tanker pengangkut BBM dengan rute Kota Tual menuju terminal BBM Wayame Kota Ambon tersebut berhasil mengevakuasi korban dengan keadaan selamat," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon, Mustari kepada wartawan di Ambon, Senin malam (13/02/2023).

Ia menjelaskan, pada pukul 17.01 WIT, Kapal MT Alice XXV berhasil tiba di Timur perairan Laut Banda dan menghentikan sementara perjalanan untuk menunggu kedatangan tim untuk proses penyerahan korban.

"Korban berhasil dievakuasi tim SAR Gabungan dan dibawa menuju kediaman korban di Desa Kampung Baru, Kecamatan Banda Neira untuk diserahkan ke pihak keluarga," jelasnya.

Dia berujar, kejadian hilangnya Hendra Renata ini bermula pada Sabtu 11 Februari 2023 pukul 17.00 WIT. Saat itu korban bersama temannya berangkat ke rompon ikan sejauh 1 Nm arah utara Pulau Pisang menggunakan longboat dengan tunjuan menyalakan lampu.

Apesnya, saat kembali, longboat yang ditumpangi itu mesinnya mengalami kerusakan, sehingga mereka hanyut terbawa arus.

"Hingga informasi ini diterima oleh Pos SAR Banda, dilaporkan satu temannya berhasil ditemukan oleh nelayan sekitar dan dievakuasi dengan keadaan selamat, namun tidak dengan korban," ujarnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi