BERITABETA.COM, Bula — Gedung Sekolah Menengah Pertama [SMP] Persatuan Guru Republik Indonesia [PGRI] Kilga, Kecamatan Kiandarat, Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] rusak tertimpa pohon tumbang, Senin (06/03/2023).

Kepala SMP PGRI Kilga Abdul Khalik Rumbati saat dihubungi beritabeta.com mengungkapkan, gedung sekolah yang dipimpinnya itu rusak akibat tertimpa pohon tumbang yang disebabkan angin kencang dan hujan deras pada sore tadi.

"Kejadian ini baru tadi pukul 15.00 WIT akibat angin kencang disertai hujan," ungkap Abdul Khalik Rumbati.

Rumbati berujar, dampak yang ditimbulkan dari musiba ini menyebabkan badan bangunan, atap zeng, rangka kayu, sebagian jendela dan plafon gedung mengalami rusak berat.

"Badan bangunan, atap Zeng, rangka kayu zeng dan sebagian jendela rusak. ujung pohon lansung masuk dalam ruangan," ujarnya.

Mantan Kepala SMP 44 SBT ini menerangkan, pasca kejadian tersebut, pihak sekolah mulai melakukan upaya pembersihan, namun belum seluruhnya lantaran harus menggunakan mesin sensor untuk memotong batang pohon.

Ia berharap, ada perhatian dari Pemerintah Daerah [Pemda] SBT untuk dilakukan perbaikan segera terhadap gedung sekolah yang rusak. Pasalnya, gedung ini merupakan ruang belajar para siswa kelas VIII B yang menampung sebanyak 30 orang.

"Kalo bisa ada solusi untuk segera diperbaiki, mengingat kelas ini juga dipakai dalam proses belajar mengar. Apalagi tidak ada ruangan lain yang bisa dipakai, karna ruangan kelasnya pas. Bahkan kurang untuk menampung jumlah siswa yang ada disekolah," pungkasnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi