Lokasi Pelaksanaan STQ di Desa Administratif Jakarta Baru Kecamatan Bula Barat, Kabupaten SBT, Maluku.
Lokasi Pelaksanaan STQ di Desa Administratif Jakarta Baru Kecamatan Bula Barat, Kabupaten SBT, Maluku.

BERITABETA.COM, Bula — Pemerintah Kecamatan Bula Barat Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku, berhasil melakukan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) tingkat kecamatan, pada Senin (07/06/2021).

Pelaksanaan STQ ini dalam rangka menyiapkan peserta terbaik untuk mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kabupaten SBT yang direncanakan berlangsung pada Juli 2021.

Kegiatan yang digelar sehari di Desa Administratif Jakarta Baru itu dananya melalui hasil ‘patungan’ dari Alokasi Dana Desa (ADD) dari tiga belas Desa di Kecamatan Bula Barat.

"Iya dianggarkan dalam ADD. Itu sudah ditetapkan dalam APBDes tahun 2021. Masing-masing Desa (patungan) Rp.5 juta," kata Ridwan di Bula, Selasa (08/06/2021).

Ditanya soal pertanggungjawaban anggaran Desa yang dipakai untuk kegiatan skala Kecamatan itu, Ridwan mengaku (biaya STQ) dari ADD tersebut bisa dipertanggungjawabkan oleh setiap Kepala Desa.

"Jadi kalau pertanggungjawaban anggaran saya pikir bisa, karena sudah jelas tidak ada yang namanya anggaran pelaksanaan STQ dan MTQ khusus tingkat Kecamatan. Olehnya itu memang harus ada pasrtisipasi lain yang menjadi tanggungjawab bersama" kata Ridwan.

Ridwan menyebut, total anggaran yang diperoleh panitia dari masing-masing Desa itu disetor langsung ke Bendahara STQ oleh Kepala Desa disertai bukti kwitansi.

Dari anggaran itu, lanjut dia, panitia mensiasati agar selain cukup membiayai kebutuhan pelaksanaan STQ tingkat kecamatan, disamping itu panitia kecamatan bisa memanfaatkan untuk biaya akomodasi dan transportasi para kafilah.

"Termasuk untuk keperluan kafilah kecamatan Bula Barat yang ikut berlomba di ajang MTQ tingkat kabupaten SBT di Kecamatan Pulau Gorom," imbuh Ridwan. (BB-AZ)