BERITABETA.COM, Ambon — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sebanyak 14 unit motor mobilisasi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) keliling.

Bantuan ini diserahkan Penbabat (Pj) Walikota Ambon, Dominggus N. Kaya kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon pada apel pagi ASN di halaman upacara Balai Kota, Kamis (1/8/2024).

"Penyerahan ini bagian dari realisasi bantuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ada 14 buah motor yang bisa dipakai untuk pusat kesehatan masyarakat (Puskemas) Keliling," ucap Dominggus N. Kaya.

Dominggus berujar, jumlah ini terbilang belum lengkap lantaran masih tersisa delapan Puskesmas yang belum memiliki kendaraan mobilisasi, sehingga dirinya berharap akan direalisasikan kembali guna membantu masyarakat yang berada di polosok kota ini.

"Puskesmas 22, harus delapan lagi untuk lengkap semua, supaya mereka bisa masuk di tempat-tempat yang sulit terjangkakau," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia menyampaikan hasil kerja Dinkes, yakni pencapaian target Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang dilakukan beberapa waktu ini.

Ia membeberkan, hingga Rabu malam, berdasarkan laporan yang masuk, Kota Ambon sudah mencapai 93 persen dari data realisasi.

"Juga terkait pencapaian PIN Polio sampai dengan tadi malam dilaporkan, Kota Ambon sudah mencapai 93 persen dari data realisasi," bebernya.

Kendati demikian, dia sangat berharap angka ini semakin naik, sehingga seluruh anak di kota ini mendapatkan imunisasi tetes Polio tersebut.

"Kita mengharapkan dari semua OPD yang menjadi pendamping bagi sekolah dapat membantu proses tersebut, berupaya agar semua orang tua siswa dapat membawa anaknya untuk diimunisasi, sebab ini berguna bagi pencegahan terjadinya Polio," harapnya. (*)

Editor : Redaksi