BERITABETA.COM, Ambon - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku menjamin ketersediaan kebutuhan sembilan  bahan pokok (Sembako) selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijrah.

Kepastian ini disampaikan Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag Provinsi Maluku, Poli Jamlean kepada wartawan di Kantor Disperindag Maluku, Selasa (6/4/2021).

Menurutnya, menjelang Ramadhan hampir setiap hari pihaknya telah melakukan pemantauan ketersediaan kebutuhan bahan pokok di pasar dan dapat dipastikan semuanya aman.

"Kita setiap hari melakukan pemantauan harga dan stok kebutuhan di pasar maupun distributor. Bahkan pengawasan tersebut akan semakin ditingkatkan dan diperluas lokasi monitoring jelang lebaran nanti,"kata Jamlean.

Dikatakan, untuk mengantisipasi dan menjaga kelancaran ketersediaan bahan pokok dan pengendalian harga, pihaknya juga telah melakukan rapat kordinasi (rakor) yang melibatkan kepala Disperindag di 11 kab/kota maupun stakeholder terkait.

“Hasil laporannya menunjukan, semua tersedia dalam jumlah yang cukup untuk penuhi permintaan masyarakat,” tegasnya.

Jamlean menjelaskan proses distribusi kebutuhan pokok ke Maluku saat ini sangat terbantu dengan adanya tol laut  yang menjangkau daerah terpencil di beberapa  kabupaten di Maluku, dibantu dengan distribusi dari Ambon menggunakan kapal perintis Sabuk Nusantara.

Selain mengangkut penumpang, tol laut juga memenuhi distribusi kebutuhan pokok dan menyinggahi Kabupaten Seram  Bagian Timur, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara hingga Kabupaten Maluku Barat Daya.

"Jadi sinergitas transportasi tetap kita upayakan, selain tol laut yang langsung dari Surabaya, Jawa Timur tetapi juga distribusi dari Ambon ke Kabupaten/Kota lainnya,"ungkapnya (BB-YP)