BERITABETA.COM, Jakarta – Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Prof. Muhammad mengakui pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di tengah pandemic Covid-19 bukanlah perkara mudah.

Hanya penyelenggara pemilu dengan niat, komitmen, dan kreativitas kuat yang mampu mewujudkan pesta demokrasi tersebut.

“Saya berharap tantangan pandemi ini sama sekali tidak mengurangi kreativitas dan profesionalisme anda semua dalam mengelola Pilkada ini dengan baik dan benar,” kata Prof. Muhammad dalam acara peluncuran Gerakan Klik Serentak (GKS) di Ruang Sidang Utama Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, pada Rabu (15/7/2020), pukul 10.00 WIB seperti dikutip dari situs resmi dkpp.go.id.

Ia juga menghimbau, agar penyelenggara pemilu, jajaran KPU dan Bawaslu, terus berkreativitas dalam menghadapi serta melaksanakan Pilkada Serentak 2020 di tengah Pandemi Covid-19 ini.

“Kami berharap tantangan pandemi Covid-19 ini tidak mengurangi kreativitas teman-teman di dalam mengelola Pilkada Serentak 2020. Silahkan teman-teman KPU dan jajaran kembangkan kreativitasnya,” ungkap Muhammad.

Tidak hanya KPU, imbauan tersebut juga ditujukan bagi Bawaslu dan jajarannya di seluruh Indonesia.

“Teman-teman Bawaslu silahkan berkreativitas lakukan pengawas dan startegi pengawasannya,” lanjut Muhammad.

Sebagai informasi, peluncuran GKS ini merupakan langkag awal dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pada Pilkada Serentak 2020 yang dilaksanakan di 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Acara ini dihadiri Ketua KPU RI, Arief Budiman, Ketua Bawaslu RI, Abhan, serta Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Prof. Zudan Arief Fakrulloh (BB-DIP)