BERITABETA.COM, Papua - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua kembali beraksi dengan menembak puluhan warga sipil di Kampung Nogolait, Nduga, Papua. Aksi KKB ini mengakibatkan sebanyak 12 orang warga dilaporkan jadi korban.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal dalam siaran persnya menyebutkan, 10 orang warga si[il tewas dalam kejadian itu. Sedanngkan 2 orang lainnya luka berat.

"Iya benar, pada hari Sabtu pagi telah terjadi penembakan terhadap warga sipil di Kampung Nogolait, Kabupaten Nduga, yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) dan mengakibatkan 10 orang meninggal dunia," kata Kamal dalam keterangannya, Sabtu (16/7/2022).

Kamal menguraikan, penembakan itu terjadi pukul 09.15 WIT. Para korban dijelaskan saat itu sedang menumpang truk dan ada pula yang sedang berjualan di warung.

Dijelaskan, kejadian tersebut berawal dari salah satu korban yang merupakan seorang pedagang kelontongan, 7 orang lainnya yang berada di dalam truk dan 4 orang lainnya yang berada di sekitar TKP.

Adapun 7 orang korban yang ada di dalam truk sedang menempuh perjalanan dari Kampung Kenyam menuju ke Batas Batu. Tak disangka, sekelompok KKB menghadang laju truk dan menodongkan senjata api.

"Pada saat melintas di Kampung Nogolait tiba tiba dihadang di tengah jalan kurang lebih berjarak 50 meter oleh KKB dengan jumlah sekitar 20 (dua puluh) orang dengan 3 orang membawa senjata api panjang, dan 1 orang terlihat membawa senjata pendek warna silver," kata Kamal.

Truk yang ditumpangi korban langsung berhenti. Tanpa ampun, para anggota KKB melepaskan tembakan ke arah truk.

"Saat mobil berhenti kemudian langsung di tembak ke arah mobil dengan jarak kurang lebih 50 meter. Sopir berusaha memundurkan mobil dengan jarak kurang lebih 100 meter, kemudian tetap ditembak ke arah mobil yang mengenai supir," jelas Kamal.

10 Korban Tewas

Berikut identitas kesepuluh korban tewas penembakan KKB di Nduga:

- Yulius Watu (23)

- Hubertus Goti (41)

- Daeng Marannu (42)

- Taufan Amir (42)

- Johan (26)

- Alex (45)

- Eliaser Baner (54)

- Yuda Nurusinga (22)

- Nasjen (41)

- Sudirman (36)

Evakuasi Korban

Akibat kejadian itu, 10 orang dilaporkan tewas dan 2 orang luka berat. Sebanyak 9 korban tewas dan 2 luka berat saat ini sudah dievakuasi ke Kabupaten Timika.

"Dari korban yang semula hanya berjumlah 7 korban saat ini menjadi 12 korban. Di mana 10 korban meninggal dunia diantaranya 9 korban dievakuasi ke Timika dan 1 orang diambil keluarganya di Distrik Kenyam Kabupaten Nduga. Dan untuk 2 korban luka-luka juga dievakuasi ke Timika," ungkap Kamal.

Diduga Ulah Egianus Kogoya

Secara terpisah, Direskrimum Polda Papua Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan pihaknya sangat menyakini insiden ini merupakan ulah dari KKB pimpinan Egianus Kogoya.

“Kami menyakini KKB pimpinan  Egianus Kogoya sebagai pelaku yang melakukan serangan di Kampung Nogoliat, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua,” kata Faizal Ramadhani,  Sabtu (16/7/2022).

Faizal menjelaskan, setelah kejadian itu, pihaknya akan mengirimkan satu tim ke lokasi kejadian untuk melakukan identifikasi.

"Jarak TKP tidak terlalu jauh, tapi daerahnya itu daerah pinggir," ungkapnya.

Faizal mengatakan, sebagian korban tewas mengalami luka tembak dan sebagian lagi luka akibat senjata tajam.

"Salah satu korban yang tewas adalah seorang pendeta, yaitu Eliaser Baner," ungkapnya (*)

Editor : Redaksi