BERITABETA.COM, Ambon - Sebanyak 179 prajurit Kodam XVI/Pattimura  dari Yonif 731/Kabaresi dilepas  Pangdam Mayjen TNI Richard Tampubolon, untuk bergabung dalam pasukan perdamaian di Libanon.

Prajurit-prajurit terbaik ini  akan tergabung dalam Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-P/UNIFIL Libanon 2022.

Pelepasan ratusan prajurit TNI AD gelombang II itu berlangsung di Lapangan Markas Kodam Pattimura, Kota Ambon, Kamis (10/2/2022).

Pangdam XVI Pattimura dalam arahannya menyampaikan kepada para prajurit menegaskan keberadaan mereka di Libanon bukan sekedar mewakili Kodam di kanca internasional, tetapi juga mewakili bangsa dan negara.

“Kalian bukan hanya mewakili Kodam saja namun juga mewakili bangsa dan negara. Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan performa dan kredibilitas TNI AD di dunia internasioanal,” pintanya.

Jenderal bintang 2 TNI AD di provinsi Maluku dan Maluku Utara itu berharap agar prajurit Kodam Pattimura dapat mengukir prestasi saat bertugas di luar negeri.

“Sebagai duta Kodam Pattimura, kalian harus mampu menunjukkan kinerja dan prestasi yang optimal. Karena kepercayaan dan kesempatan yang diberikan pimpinan harus diwujudkan, dilaksanakan oleh masing-masing prajurit dengan menampilkan kemampuan terbaiknya,” ujarnya.

Kepada ratusan prajurit perdamaian dunia ini, Richard menyampaikan selamat melaksanakan tugas pemeliharaan perdamaian sesuai dengan resolusi PBB sebagai diplomat TNI, duta TNI, duta Bangsa dan Negara di forum Internasional.

“Tetap menjaga nama baik TNI, Bangsa dan Negara. Menjaga etika, moral, kedisiplinan serta hindari sikap dan tindakan yang dapat mencoreng nama baik satuan, bangsa dan negara,” tutup Pangdam.

Turut hadir sejumlah pejabat dalam upacara tersebut, diantaranya Kasdam XVI/ Pattimura, Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya, Kapoksahli Pangdam XVI/ Pattimura, Brigjen TNI Adam Suwarno Pangeran, para Asisten Kasdam, Dansat serta Kabalak. (*)

Editor : Redaksi