BERITABETA.COM, Masohi – Jajaran Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Masohi,  bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Kabupaten  Maluku Tengah (Malteng), melalui Puskesmas Letwaru, melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan (booster).

Vaksinasi booster yang diterima kali ini adalah jenis moderna. Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan di Aula Rutan Masohi, Kamis (10/2/22).

Kegiatan ini melibatkan, sebanyak 27 orang dari 39 orang petugas penerima vaksinasi booster, karena 6 bulan sebelumnya telah menuntaskan vaksin dosis pertama dan dosis kedua.

“Sesuai anjuran dari Pemerintah, kami laksanakan vaksin dosis lanjutan ini untuk memperbaiki efektivitas vaksin yang telah menurun,” ujar Kepala Rutan Masohi, Bayu Muhammad saat membuka kegiatan vaksinasi ini.

Dengan terlaksananya kegiatan vaksinasiu ini, Rutan Masohi akan terus melanjutkan koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan, guna memberikan vaksin booster kepada 12 orang petugas yang belum dapat menerima vaksin dosis lanjutan ini.

“Petugas Rutan Masohi sudah 100% divaksin tetapi penerimaan dosis primer. bagi petugas sebelumnya terbagi menjadi dua gelombang, sehingga tidak bisa kami serentakan untuk penerimaan dosis lanjutan ini,” ungkap Bayu.

Karutan berharap penerimaan vaksin booster ini dapat menambah keikhtiaran jajaran Rutan Masohi dalam melewati pandemi Covid-19 yang sudah memasuki tahun ketiga. Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) juga akan diupayakan untuk segera dapat menerima vaksin booster.

“Selain dengan terus menerapkan protokol kesehatan, menerima vaksin juga sebagai bentuk ikhtiar untuk melindungi imunitas diri sendiri. Semoga pandemi cepat berlalu,” harap Karutan.

Seperti diketahui, vaksinasi Booster adalah vaksinasi lanjutan untuk mengatasi penurunan antibodi pada 6 bulan setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis primer lengkap, sehingga dibutuhkan pemberian dosis lanjutan atau booster untuk meningkatkan proteksi individu terutama pada kelompok masyarakat rentan. (*)

Pewarta : Fandi Ahmad