Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi SPI MM menyerahkan satu kotak suara berisi logistik dan diterima Ketua KPU Buru, Munir Soamole SH,   disaksikan Dandim 1506/Namlea, Letkol Inf Syarifudin Azis, Kabag Ops Polres Pulau Buru, Kompol L Taher, para komisioner KPU dan perwakilan Bawaslu Buru, Jumat (12/4/2019)
Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi SPI MM menyerahkan satu kotak suara berisi logistik dan diterima Ketua KPU Buru, Munir Soamole SH, disaksikan Dandim 1506/Namlea, Letkol Inf Syarifudin Azis, Kabag Ops Polres Pulau Buru, Kompol L Taher, para komisioner KPU dan perwakilan Bawaslu Buru, Jumat (12/4/2019)

BERITABETA.COM, Namlea –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru, Jumat (12/4/2019) mulai mendistribusi logistik pemilu presiden dan pemilu legislatif. Distribusi logistik  ini dilakukan  ke 10 kecamatan, dengan pegawalan ketat personil kepolisian yang bermarkas di Kantor KPU.

Pelepasan pendistribusian logistik pemilu 2019 itu dilakukan secara simbolis oleh Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi SPI MM dengan menyerahkan satu kotak suara berisi logistik dan diterima Ketua KPU Buru, Munir Soamole SH,   disaksikan Dandim 1506/Namlea, Letkol Inf Syarifudin Azis, Kabag Ops Polres Pulau Buru, Kompol L Taher, para komisioner KPU dan perwakilan Bawaslu Buru. “Fase penting di moment pemilu 2019 ini Insya Allah semua berjalan dengan baik,”harap Ramly.

Ramly memberikan apresiasi kepada KPU Buru karena mampu melaksanakan semua pentahapan dengan baik.”Jangan ada kesalahan atau kecurangan sedikitpun. Karena kalau ada kecurangan, akibatnya bisa fatal,”pesan Ramly.

Ia juga mengingatkan driver angkutan roda  empat yang dipercaya mengangkut logistik agar bekerja dan memikul tanggungjawab dengan baik pula. “Bawa logistik sampai di tempat tujuan dengan baik.Jangan sampai ada kecurigaan karena ada terjadi sesuatu hal di perjalanan,”pesan Ramly.

Secara khusus, Ramly juga berterima kasih kepada  Dandim dan Kapolres. Buru siap melaksanakan pemilu dalam keadaan baik dan aman.

“Ada dua desa yang kami anggap rawan yaitu Desa Batu Karang dan Waehotong. Kami sudah laporkan itu kepada pak Kapolres dan beliau sudah mengambil langkah antisipatif,”papar Ramly.

Logistik ini, saat tiba di PPK, juga akan dikawal oleh  personil kepolisian yang berada di sana hingga logistik sampai di TPS.

Ketua KPU Kabupaten Buru, Munir Soamole  dalam kesempatan itu menjelaskan, logistik Pemilu  akan disalurkan di 409 TPS yang tersebar pada 10 kecamatan. KPU memilih penyaluran hari pertama di TPS terjauh dan tersulit di Kecamatan Fenalisela dan Air Buaya.

Kemudian di hari kedua logistik yang sama diangkut menuju Kecamatan Batabual dan Teluk Kayeli. Pada hari ketiga akan didistribusi pada Kecamatan Waeapo, Waelata dan Lolongquba. Di hari terakhir baru giliran TPS terdekat di Kecamatan Namlea, Liliyali dan Waplau.

Di hadapan Bupati, Dandim dan Kabag Ops Polres, Munir Soamole juga menyinggung kekurangan surat suara rusak yang sedang dicetak divisi logistik KPU Pusat di Jakarta. Kekurangan itu akan tiba di Namlea sehari dua ke depan. (BB-DUL)