BERITABETA.COM, Masohi - Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Maluku Tengah (Malteng) resmi melaksanakan peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malteng.

Kegiatan ini berlansung di kawasan pelabuhan Ina Marina, Kota Masohi,   pada Sabtu (22/06/2024).

Ketua KPU Malteng, Abdurrahim Lesnussa menyampaikan kegiatan peluncuran ini merupakan salah satu upaya penting menuju pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak.

Dimana pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi  Maluku akan dilaksanakan bersamaan dengan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malteng pada tanggal 27 November 2024.

"Secara nasional pilkada serentak akan dilaksanakan di 37 propinsi, 98 kota administratif/madya dan 415 kabupaten," ungkap Lesnussa.

Menurutnya, sesuai dengan konstitusi tujuan dari Pemilu adalah membentuk pemerintahan baik pemerintahan pusat hingga ke daerah  dalam hal ini adalah eksekutif dan legislatif.

"Dalam momentum ini saya ingin mengajak jajaran penyelenggara baik di kecamatan, kelurahan untuk dapat menuntaskan amanah ini yaitu menyelenggarakan Pilkada sesuai dengan Undang-Undang," ajak  Lesnussa.

Lesnussa mengatakan untuk mewujudkan tahapan Pilkada yang aman dan kondusif, KPU Malteng akan terus melakukan koordinasi dengan Pemda Malteng, TNI/Polri, Kejaksaan maupun Pengadilan serta Bawaslu dan DKPP.

Selain itu, lanjutnya, dalam waktu dekat KPU Malteng akan melakukan pemutakhiran data pemilih.

Petugas pemutakhiran data akan mengunjungi rumah masing-masing warga untuk mendapatkan data pemilih terkini yang akan disandingkan dengan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).

"Petugas kamu akan memastikan masyarakat terdaftar sebagai pemilih sesuai dengan identitas kependudukan yang berlaku dan kami juga akan memastikan satu keluarga akan berada di satu TPS," ujar Lesnussa.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar mempermudah petugas dalam melakukan pendataan karena pilkada merupakan salah satu sarana kedaulatan rakyat sehingga semua orang berhak untuk menentukan masa depan Malteng yang lebih baik (*)

Pewarta : Jubeda Sanaky