BERITABETA.COM, Ambon -- Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP RI) Sakti Wahyu Trenggono bersama Gubernur Provinsi Maluku Murad Ismail Kamis (07/10/2021), meninjau dua lokasi processing ikan Tuna di Kota Ambon, Maluku. Yaitu PT Maluku Prima Makmur, dan PT Peduli Laut Maluku.

Agenda ini merupakan rangkaian kunjungan kerja atau kunker Menteri Wahyu Trenggono di wilayah kawasan Indonesia Timur. Mulai dari Kota Bitung Sulawesi Utara, Biak Provinsi Papua, dan Kota Tual, Provinsi Maluku.

Sebelum ke Jakarta, Menteri Wahyu Trenggono meninjau dua perusahaan perikanan di Ambon. Tujuannya melihat langsung aktivitas pembongkaran dan proses pengolahan ikan yang dilakukan dua perusahaan tersebut.

Pada PT Maluku Prima Makmur, Menteri Wahyu pun meninjau ruangan pengolahan ikan.

Mulai dari ruang pemotongan, ruang pemisahan daging dan tulang ikan, pengemasan hingga ke ruang pendingin [khusus ikan yang telah dikemas]. Dia juga meninjau PT Peduli Laut Maluku.

Di sini [PT Peduli Laut Maluku], Menteri Wahyu meninjau pembongkaran, dan proses pengolahan ikan tuna yang akan di kirim ke negara tujuan ekspor yaitu Jepang.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Peduli Laut Maluku Angie Alferina mengatakan, pada Kamis 7 Oktober 2021, pihaknya akan mengirim Ikan Tuna ke Jepang sebanyak 4,6 ton.

“Kita akan ekspor 4,6 ton Ikan Tuna segar hari ini, bersamaan dengan peninjauan pak menteri ke PT Peduli Laut Maluku. kami Pengiriman menggunakan pesawat komersil langsung ke Jepang dengan transit melalui Jakarta,”kata Angie Alferina.

Sedangkan untuk jenis ikan yang di ekspor, lanjut Angie, merupakan jenis Yellowfin Tuna dan big eye Tuna segar yang berasal dari laut Banda.

"Yang kita ekspor dari sini hanya dua jenis ini [Yellowfin Tuna dan big eye Tuna]. Jenis ikan ini hanya berada di laut Banda," ungkapnya.

Turut mendampingi Menteri yaitu; Dirjen Perikanan Tangkap Muhammad Zaini, Dirjen Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Laksamana Muda Adin Nurawaluddin, Anggota Komisi IV DPR RI asal Dapil Maluku, Saadiah Uluputty, Pelaksana Harian Sekda Maluku, Sadali Ie, Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal dan Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu Leleury.

Adapula Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Perikanan Provinsi Maluku, Abdul Haris, Kepala Dinas PU Provinsi Maluku, Muhammat Marasabessy, Kabid Perikanan Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Karolis Iwamony dan sejumlah pejabat daerah lainnya. (*)

 

Pewarta : Febby Sahupala