BERITABETA.COM, Ambon - Anggota Komisi VII DPR RI Daerah Pemilihan Maluku Mercy Chriesty Barends menegaskan program revitalisasi Pembangkit listrik Tenaga Surya terpusat di dua Kecamatan di Kabupaten kepulauan Tanimbar berdampak mewujudkan kemandirian energi di daerah Terdepan, terluar, Tertinggal (3T) di Provinsi Maluku.

"Di Kepulauan Tanimbar ada dua proyek revitalisasi PLTS terpusat yang dibiayai oleh Kementerian ESDM yakni di Desa Watmasa, Kecamatan Wuar Labobar serta di Desa Lelingluan, Kecamatan Tanimbar Utara," kata Mercy Barends yang dikonfirmasi dari Ambon, Jumat (17/2).

Mercy mengaku, dirinya bersama Project Manager Program Revitalisasi PLTS Terpusat Kementerian ESDM, Gravian, Wakil Ketua DPRD dan tujuh anggota DPRD Kepulauan Tanimbar telah melihat operasional PLTS terpusat di Desa Lelingluan pada 14 Februari 2023. Dua proyek infrastruktur itu merupakan bagian dari program PLTS terpusat dan pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di daerah 3T pada tahun 2022.

Dia menyatakan, karena cuaca ekstrem mereka tidak bisa ke Desa Watmasa, kecamatan Wuar Labobar untuk melihat operasional PLTS terpusat disana, dikarenakan cuaca ekstrem dengan tinge gelombang mencapai 9 meter.

"Tetapi saya sangat bersyukur proyek infrastruktur yang dibangun Kementerian ESDM ini dapat terselesaikan dan beroperasi untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di daerah 3T ini," katanya.

Proyek revitalisasi PLTS terpusat di Desa Watmasa berkapasitas 15 Kilo Watt Power (kWp) dan mampu melayani 70 rumah, sedangkan di Desa Lelingluan sebesar 75 kWp dan bisa menyuplai kebutuhan listrik untuk 128 rumah.

"Infrastruktur listrik yang bersumber dari energi terbarukan ini juga untuk memenuhi kebutuhan listrik fasilitas umum seperti kantor desa, sarana kesehatan, sarana pendidikan serta rumah ibadah," ujarnya.

Menurutnya, di Desa Lelingluan terpasang 210 papan panel surya dengan kapasitas daya listrik yang dapat dinikmati masyarakat masih dibawah 450 watt, di mana setiap rumah tangga sudah dapat menikmati sarana penerangan minimal 3 mata lampu serta satu tempat colokkan untuk keperluan dan aktivitas lain.