BERITABETA.COM, Ambon  – Terpanggil untuk membantu daerahnya dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Maluku, Anggota DPR-RI, Mercy Chriesty Barends (MCB) kembali menyalurkan sejumlah bantuan peralatan yang disalurkan melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku.

Bantuan tahap kedua ini disalurkan MCB berupa Alat Pelindung Diri (APD) kepada para dokter dan tenaga medis yang bertugas di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Ambon, Jumat (15/5/2020).

Penyerahan bantuan dari politisi PDI-Perjuangan  Maluku ini, diserahkan langsung oleh Direktur Rumah Aspirasi Mercy Chriesty Barends (RA-MCB),  Victor H. Soukotta kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Maluku dan diterima Ketua Harian GTPP Maluku, Kasrul Selang, di kantor Gubernur Maluku.

Bantuan APD yang diserahkan berupa baju Hazmat (Coverall) sebanyak 100 buah, sarung tangan medis 100 kotak, masker medis 100 box (5.000 buah) serta face shield atau kacamata medis sebanyak 2 Box (100 buah).

Aleg PDI- Perjuangan Dapil Maluku ini, dalam siaran virtual menyatakan, bantuan yang diberikan merupakan wujud kepeduliannya terhadap para dokter dan tenaga medis yang berada di garda terdepan, dalam memberikan pelayanan optimal kepada para pasien yang terpapar Covid-19 di Maluku.

Mercy berharap bantuan yang diberikan diharapkan dapat bermanfaat melindungi para dokter dan tenaga medis saat bertugas melayani para pasien di tiga rumah sakit rujukan yang ada di Kota Ambon, yakni RSUD dr. M. Haulussy, Rumah Sakit Tentara (RST) dr. J.A. Latumeten Ambon serta Rumah Sakit FX. Suhardjo Lantamal XI Ambon.

“Jangan dilihat dari jumlahnya karena tentu tidak seberapa. Tetapi ini wujud kepedulian saya dan keluarga untuk membantu dan melindungi para dokter dan tenaga medis yang bekerja di garda terdepan. Semoga mereka dihindari dari kemungkinan terpapar virus Covid-19,” ujarnya.

Menurut Mercy, saat ini semua orang terpanggil bahu-membahu menanggulangi penyebaran pandemi Covid-19, dan kehadiran Rumah Aspirasi MCB diharapkan dapat menjadi tulang punggung dalam perjuangan ini.

Mercy juga secara menyampaikan pesan dan dukungan moralnya kepada para dokter dan tenaga medis terus berjuang tanpa pamrih, serta melakukan yang terbaik untuk menyelematkan para pasien yang terinveksi Covid-19 di daerah ini.

Ia bahkan menyatakan dirinya bersama semua pihak terus bergandengan tangan untuk mengupayakan berbagai bantuan, guna meringankan beban dan tanggungjawab yang dipikul pemerintah provinsi Maluku dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Maluku.

Ketua Harian GTPP Covid-19 Maluku, Kasrul Selang dalam kesempatan tersebut menyatakan rasa terima kasih dan penghargaan atas kepedulian Mercy Barends dalam membantu pemerintah daerah, terutama melindungi para tenaga medis yang bertugas di garda terdepan.

“Dalam situasi saat ini, kami harus jujur menyatakan, bahwa pemerintah daerah masih memerlukan banyak bantuan dan uluran tangan berbagai komponen masyarakat, untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran virus ini,” tandasnya.

Kasrul yang didampingi Direktur RSUD Haulussy Ambon, dr. Rita Tahittu, Direktur RST dr. J.A. Latumeten Ambon Letkol Ckm Dr. Machmud Yunus dan Kepala Rumah Sakit TNI-AL dr. FX. Suhardjo Mayor Laut (K) dr. Satrio Sugiharto mengaku, para dokter dan tenaga medis di rumah sakit rujukan sangat rentan terinfeksi virus COVID-19, sehingga perlu dilengkapi APD yang memadai serta sesuai standar dan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Mercy  juga telah menyalurkan bantuan tahap pertama berupa lima ton beras dan 2.000 masker kain melalui tim RA-MCB,  dan dibagikan kepada warga yang terdampak dan benar-benar membutuhkan di lima kecamatan di di Kota Ambon.

Sejumlah bantuan tersebut juga disalurkan kepada kelompok pekerja harian lepas seperti sopir angkot, tukang ojek, pengayuh becak, juru parkir, ibu-ibu penyapu jalan, penjual bensin dan mama-mama papalele di Kota Ambon (BB-DIO)