BERITABETA.COM, Ambon - Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena menargetkan tahun ini, Kota Ambon bisa meraih predikat madya Kota Layak Anak [KLA].

Penghargaan atau predikat ini diberikan kepada Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) yang mampu mengimplementasikan UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, dan Peraturan menteri (Permen) Nomor 12 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Wattimena mengungkapkan, saat ini sedang dilaksanakan proses penginputan klaster pada aplikasi evaluasi verifikasi nasional, guna melihat upaya yang dilakukan setiap Kabupaten/Kota menuju Kota Layak Anak (KLA), diperkirakan proses tersebut akan berlangsung sampai dengan tanggal (23/3) mendatang.

"Selaku Pemerintah Kota (Pemkot) kami berharap tahun 2023 dengan upaya-upaya yang telah dilakukan, mudah-mudahan bisa meraih predikat madya atau setingkat labih tinggi dari predikat awal yang dimiliki yakni pratama dengan jumlah skor sebesar 550," ungkap Bodewin M. Wattimena, saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2023, di Marina Hotel, Selasa (7/3/23).

Ia mengatakan upaya peningkatan KLA ini bukan saja menjadi pekerjaan Pemkot, akan tetapi merupakan tugas dan tanggung jawab yang harus diemban oleh seluruh elemen masyarakat.

Menurutnya, diantaranya; Desa/Negeri, Kelurahan serta Pemangku Kepentingan Lintas Vertikal, Akademisi dan Lembaga Non-Pemerintahan.

"Harapan saya semua elemen terlibat, guna membantu Pemerintah dalam rangka meningkatkan nilai predikat yang tentunya akan berdampak pada pemenuhan hak-hak dan kebutuhan anak di kota ini," harap Wattimena.

Kegiatan tersebut, diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang), yang direnacanakan akan terselenggarakan selama dua hari (*)

Pewarta : Febby Sahupala