BERITABETA.COM, Ambon – PT. PLN (Persero) melalui  Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) menyampaikan komitmenya akan memberikan pelayanan prima dengan melistriki sejumlah desa,  termasuk di pelosok Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

Hal ini disampaikan General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula saat menerima kunjungan Bupati Bursel, Safitri Malik Soulisa di Ambon, Senin (22/4/2024).

Pertemuan itu berlangsung di kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon, Jalan Kapten Piere Tandean, Baguala, Kota Ambon.

Dalam pertemuan itu, kedua pihak membahas terkait akses kebutuhan energi listrik di kabupaten berjuluk ‘Bupolo’ itu.

Awat Tuhuloula menyampaikan, sesuai dengan komitmennya dalam upaya melistriki wilayah Maluku dan Maluku Utara hingga ke pelosok, PLN akan terus mempersiapkan langkah-langkah strategisnya.

“Upaya pemerintah untuk terus menerangi hingga ke pelosok ini benar-benar kami dukung. Hal ini dilakukan dengan langkah-langkah strategis sesuai dengan kemampuan kami,” ujar Awat.

Untuk itu, dibutuhkan sinergitas antara PLN dan Pemerintah Daerah, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bursel untuk saling bergandengan meningkatkan ketersediaan dan keandalan listrik di wilayah tersebut.

Awat berharap, melalui pertemuan ini, PLN dapat memetakan wilayah-wilayah sesuai kebutuhannya.

“Kami berharap juga, ke depannya PLN dan Pemkab Bursel dapat sama-sama membangun komunikasi dan langkah yang searah dalam mewujudkan impian kita bersama, yakni menciptakan listrik yang berkeadilan.

Sementara itu, Bupati Safitri mengamini  kesediaan PLN UIW MMU untuk melistriki hingga ke pelosok desa di Bursel.

Ia mengaku, hal ini menjadi ujung tombak peningkatan pendapatan masyarakat setempat.