BERITABETA.COM, Namlea – Sebanyak 71 warga di Kabupaten Buru, menjalani rapid test oleh tim medis setempat. Dari puluhan orang itu, didapati ada empat pelaku perjalanan dari Ambon dan dari Desa Lisabata, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) hasilnya reaktif.

Wartawan beritabeta.com dari Namlea, Rabu (13/5/2020) melaporkan, empat pelaku perjalanan yang hasil rapid test reaktif itu, terdiri dari tiga laki-laki dan satu perempuan.

Salah satu dari keempat orang ini diketahui sebagai pekerja bangunan di salah satu lokasi proyek berinitial LB. Ia berasal dari Desa Lisabata, Taniwel, Taniwel , Kab.Seram Bagian Barat (SBB).

LB mengikuti anjuran Satgas dan  langsung menjalani karantina 14 hari di Penginapan Silta, Kota Namlea.

Sedangkan tiga pelaku perjalanan dari Ambon masing-masing  FB, FD dan RI. Ketiganya menjalani karantina mandiri di tempat tinggal masing-masing.

Lebih jauh dilaporkan, walau hasil test reaktif, keempatnya tidak menunjukan gejala sakit dan bisa saja menjadi asimtomatik carrier atau orang tanpa gejala (OTG).

Jubir Satgas Covid 19 Buru, Nani Rahim yang dikonfirmasi Rabu malam menjelaskan, rapid test terhadap 71 orang itu guna mengantisipasi peredaran virus di Kabupaten Buru, khususnya kota Namlea.

Rapid test massal yang berlangsung tadi pagi dilakukan di Tribun Lapangan Pattimura Namlea.

“Untuk hari pertama ini kami lebih prioritaskan rapid test kepada para pelaku perjalanan dari luar kabupaten dalam dua pekan terakhir ini,” ujar Nani Rahim.

Rapid test yang dilakukan di lapangan Pattimura ini sempat ditengok Ketua Satgas Covid Kabupten Buru, Ramly Ibrahim Umasugi.

Kepada wartawan Ramly menjelaskan, kalau saat ini Tim Gugus Tugas mulai melaksanakan rappid test massal untuk Kota Namlea secara acak dengan sampling 503 orang.

Dengan responden para pelaku perjalana dari zona merah, tenaga kesehatan, aparat keamanan, masyarakat umum, penjual di pasar,  ojek, pramu hotel dan rumah makan serta keluarga pelaku perjalanan.

“Semoga sema bisa berjalan dengan baik dalam rangka pencegahan penyebaran Covid19 di Kab. Buru,”ucap Ramly (BB-DUL)