BERITABETA.COM, Ambon – Siloam Hospital atau Rumah Sakit Siloam di kota Ambon resmi dibuka. RS Siloam itu resmi dibuka oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Rabu (29/7/2020).

Caroline Riady, Deputy President Director Siloam Hospitals Group mengatakan, pihaknya menyadari sungguh bahwa pengendalian kasus virus corona atau Covid-19 tidak bisa hanya terpusat di kawasan perkotaan, tapi juga daerah.

Siloam Hospitals Ambon akan menunjang pemerintah daerah (Pemda)  dalam menangani kasus Covid-19 di Ambon dan sekitarnya, serta memberikan akses lebih mudah bagi masyarakat untuk melakukan deteksi dini Covid-19 melalui skrining awal.

“Seluruh Siloam Hospitals yang dikhususkan untuk perawatan COVID-19 merupakan rumah sakit dengan pasien jaminan pemerintah,” ujar Caroline Riady.

Dikatakan, RS Siloam Ambon dilengkapi sejumlah fasilitas dan pelayanan kesehatan pendukung, antara lain ruang ICU, ruang isolasi, CT Scan, kamar operasi, laboratorium, dan farmasi. Dengan seluruh kelengkapan tersebut, rumah sakit ini menyediakan kapasitas 105 tempat tidur bagi pasien terkonfirmasi Covid-19.

“Siloam Hospitals Ambon tidak hanya memberikan perawatan dan pengobatan bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 saja, tapi juga layanan skrining, pengkajian, hingga diagnostik melalui sejumlah pelayanan tes Covid-19 yang disediakan bagi masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, keberadaan Siloam Hospitals Ambon akan sangat berkontribusi dalam mengakselerasi langkah-langkah penanganan covid-19 di kota Ambon.

“Untuk itu, kami menyambut baik dan mendukung usaha Siloam Hospitals untuk memutus rantai penularan serta menaikkan tingkat kesembuhan pasien melalui pengalaman, jaringan, kompetensi dan komitmen untuk keselamatan pasien,” ungkap Walikota. (BB-AHM)