BERITABETA.COM, Masohi - Dalam struktur perekonomian di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), sektor pertanian masih memiliki peranan sangat penting.

“Sebab sector ini berkontribusi terhadap pertumbuhan nilai tambah perekonomian daerah, mulai dari pembentukan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), ketahanan pangan maupun penyerapan tenaga kerja,” kata Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, melalui  Asisten II Setda, Bahrun Kalaw, saat membuka Forum Koordinasi Organisasi Perangkat Daerah atau OPD Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Maluku Tengah, di Masohi, Selasa, (09/03/2021).

Ia menekankan, arah kegiatan pembangunan pertanian sector tanaman pangan dan hortikultura di Kabupaten Malteng harus benar-benar difokuskan dalam upaya meningkatkan produksi dan produktifitas pangan.

Bupati berujar, Forum Koordinasi OPD merupakan momentum sangat penting dan diperlukan oleh jajaran Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura dalam upaya menghasilkan sinergitas, akselerasi program kerja.

Termasuk kegiatan di sector tanaman pangan dan hortikultura agar dapat terlaksana secara terpadu, efektif, berkelanjutan serta dapat memanfaatkan bagi kemajuan daerah.

Dia berharap melalui Forum Koordinasi OPD ini dapat melahirkan kebijakan, program dan kegiatan strategis yang diarahkan untuk menjawab berbagai tantangan di bidang pangan dan hortikultura, utamanya dalam menghadapi situasi masa pandemic Covid-19.

“Sehingga pada akhirnya mampu mendorong pemulihan ekonomi di Kabupaten Maluku Tengah melalui peningkatan produksi pangan,” timpal Bupati.

Narasumber dalam forum ini adalah Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Maluku Tengah, R. J. Hetharia, Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappliibangda) Kabupaten Malteng, Juliana Haumahu, dan Samsul Bahri, Kepala Seksi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malteng.

Turut hadir para pimpinan OPD lingkup Pemda Malteng, yaitu Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Maluku Tengah, para pejabat Eselon III dan IV dalam lingkup Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Maluku Tengah, serta para penyuluh kecamatan. (BB-ES)