Pemain berdarah Maluku, Tristan Gooijer  saat membela Timnas Belanda
Pemain berdarah Maluku, Tristan Gooijer saat membela Timnas Belanda

BERITABETA.COM – Satu lagi pemain berdarah Maluku, Tristan Gooijer akan segera bergabung ke pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Belanda U-18.  Tristan Gooijer sempat diincar Timnas Indonesia, tapi akhirnya namanya ternyata masuk daftar pemain yang dipanggil ke pemusatan pelatihan Timnas Belanda U-18.

Kabar tersebut diketahui dari postingan di akun Twitter @AjaxYA yang diunggah pada, Rabu (09/06/21).

Dipanggilnya Tristan Gooijer menjadi pupus kesempatan Timnas Indonesia untuk memanggilnya. Pemain berdarah Maluku itu memang sudah kental dengan nuansa sepak bola Belanda.

Ia memulai karier bersama klub lokal, Almere City FC, baru kemudian pada 1 Juli 2016 pindah menuju akademi Ajax Amsterdam.

Artinya, kultur sepak bola Belanda sudah mendarah daging ke dalam diri Tristan sejak dini. Tidak heran bila kini Tristan punya kecintaan yang lebih kepada Belanda, ketimbang darah leluhurnya, Indonesia.

Padahal kalau melihat ke belakang, Tristan tergolong pemain keturunan yang bangga terhadap Indonesia. Sekitar September 2019 lalu, Tristan pernah mengakui ke publik bahwa dirinya punya darah keturunan Maluku.

"Saya memiliki darah keturunan Maluku yang didapat dari ibu saya," ungkap Tristan Gooijer seperti dikutip dari INDOSPORT.

Bahkan Tristan sempat pula membuka peluang terkait dirinya membela Timnas Indonesia.  Namun yang terjadi kini, Tristan sudah terlanjur memperkuat Belanda, yang mana memupuskan harapan Timnas Indonesia untuk memiliknya.

Pemain muda milik Ajax Amsterdam itu kini akan bersiap untuk bergabung bersama Timnas Belanda U-18 di dalam pemusatan pelatihan.

Berdasarkan data Transfermarkt, sejak penghujung 2019 hingga awal 2020 (sebelum pandemi virus corona menyebar), Tristan Gooijer begitu aktif bermain untuk Belanda U-16. 

Total, ada tiga laga yang sudah dilakoni Tristan, satu pertandingan pada November 2019, dan sisanya sekitar Februari 2020.

Tristas memiliki kemampuan untuk bermain di beberapa posisi, antara lain bek kanan atau gelandang bertahan. Tetapi, posisi awalnya adalah sebagai bek tengah.