BERITABETA.COM, Ambon – Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Ambon, Ibu Kota Provinsi Maluku, telah nihil. Proses pembelajaran tatap muka di sekolah segera dilaksanakan pada Januari 2022 nanti. Tapi Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy memerintahkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon agar perlu melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka di sekolah pada Desember 2021.

Walikota mengakui, dirnya telah meminta dan memerintahkan Disdik Ambon untuk menggelar uji coba pembelajaran tatap muka di Desember 2021.

“Uji coba pembelajaran tatap muka ini dilakukan di beberapa sekolah di Kota Ambon," ujar Wali Kkota Ambon Richard Louhenapessy kepadaa wartawan  Kamis (02/12/2021).

Dia menjelaskan sebelum pelaksanakaan pembelajaran tatap muka berlangsung pada Januari 2022, uji coba yang dilakukan dalam bulan ini sebagai langkah antisipasi atau pencegahan.

“Meskipun Ambon kini diterapkan PPKM level I, karena kasus terkonfirmasi positif Covid-19 nol kasus, tetapi kita harus terus lakukan pencegahan sehingga tak ada klaster baru,” jelasnya.

Walikota menegaskan, uji coba pembelajaran tatap muka sangat penting guna memastikan dan mengetahui kesiapan pihak sekolah, sekaligus untuk mencegah tidak munculnya klaster baru di sekolah.

"Langkah ini demi keselamatan para anak didik. Pemerintah sangat berhati-hati terkait hal ini. oleh karena itu perlu dilakukan uji coba lebih awal. Sebab kepastian pembelajaran tatap muka di sekolah kemungkinan berlangsung pada Januari 2022 nanti," imbuhnya.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Ambon, terdapat 12 sekolah tingkat SMP yang sudah memenuhi syarat untuk dilakukan uji coba pembelajaran tatap muka di sekolah.

Sebelum 12 sekolah ini menggelar uji coba pembelajaran tatap muka di sekolah, hingga kini Dinas Pendidikan Kota Ambon masih menunggu rekomendasi dari Walikota Ambon. (BB)

 

Editor: Redaksi