BERITABETA.COM, Bula — Pasca dilakukan aksi protes oleh pedagang Pasar Gumumae Kota Bula, DPRD secara cepat mengundang Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Seram Bagian Timur [SBT] untuk sama-sama menyikapi keluhan para pedagang.

Dalam rapat gabungan komisi-komisi yang dipimpin Ketua DPRD SBT Noaf Rumau, Kamis siang (2/12/2021) itu ikut menghadirkan perwakilan pedagang Pasar Gumumae yang melakukan aksi protes pada pagi tadi di kawasan Pantai Roleks.

Sebanyak 13 dari total 25 wakil rakyat di Gedung Senayan Englas itu menyampaikan atensi terhadap tuntutan pedagang Pasar Gumumae Bula kepada Pemerintah Daerah [Pemda] setempat.

Ketua DPRD SBT Noaf Rumau dalam rapat tersebut mengatakan, dari enam poin tuntutan yang disampaikan pedagang telah mendapat atensi keras dari semua anggota DPRD yang hadir.

Dia mengungkapkan, DPRD SBT secara kelembagaan sangat mendukung aspirasi para pedagang, terutama soal penjual sayur dan ikan yang ada di ruas jalan untuk diarahkan masuk menempati bangunan pasar.

"DPRD mendukung apa yang menjadi tuntutan bapak ibu semua. Bagaimana supaya itu bisa berjalan, rekayasa kondisi sosial masyarakat seperti apa itu kita serahkan kepada Pemerintah Daerah," ujar Noaf Rumau

Politisi Partai Keadilan Sejahtera [PKS] itu menegaskan, guna memastikan tuntutan para pedagang untuk segera diakomodir. DPRD secara kelembagaan memberikan waktu kepada Pemda SBT selama tujuh hari alias satu minggu.

"Saya percaya kepada pemerintah daerah, mereka yang duduk di depan ini orang hebat-hebat semua ini. Kalau tidak bisa menyelesaikan persoalan ini berarti kehebatan mereka kita ragukan," katanya

Sementara itu Penjabat Sekretaris Daerah [Sekda] SBT Jafar Kwairumaratu mengungkapkan, sejak pagi tadi pihaknya bersama Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur didampingi sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah [OPD] menemui para pedagang dan telah menerima tuntutan mereka.

Jafar berjanji, pada jumat besok pihaknya bersama semua pimpinan OPD melakukan rapat sebagai tindaklanjut untuk dilakukan penertiban terhadap pedagang yang berjualan pada ruas-ruas jalan di Kota Bula.

"Besok kami gelar rapat jam 10 untuk langkah-langkah yang paling utama adalah menertibkan seluruh pedagang yang berjualan di luar Pasar Gumumae, terutama di pasar lama dan di lingkungan yang sama-sama kita lihat," janjinya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi