BERITABETA.COM, Ambon – Warga Desa Hatusua, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku, menangkap seekor buaya dengan panjang 2 meter, Rabu (27/2/2019) pagi.

Hewan reptile ini, ditangkap pukul 08.00 WIT dalam keadaan hidup dan kini dilaporkan petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di Pos Waipirit.

“Buaya tersebut diduga sering memangsa ayam peliharaan warga. Warga menjadi  resah sejak munculnya hewan reptil  itu, karena dinilai menjadi ancaman keselamatan  warga,” kata Kepala BKSDA Provinsi Maluku, Mukhtar Amin Ahmad, saat dikonfirmasi, Rabu (27/2/2019).

Menurut Amin Ahmad,  buaya tersebut merupakan jenis buaya muara dengan panjang 2 meter. Binatang buas itu kini telah diamankan di Polsek Kairatu guna menghindari dikerumuni oleh warga.

Petugas BKSDA dari Anes Tuhuteru menuturkan, menurut keterangan  warga Desa Hatusua, buaya muara itu awalnya muncul di permukaan laut perairan laut Desa Hatusua sejak satu bulan lalu. Lantaran resah, warga kemudian berinisiatif untuk membuat jerat, menangkapnya.

Kini petugas BKSDA Maluku, Taman Nasional (TN) Manusela dan Polsek Kairatu telah mengamankan satwa tersebut dan dibawa ke Kota Ambon  untuk dulakukan treatment berupa pengobatan terhadap luka di bagian dada dan mulut buaya itu.

“Rencananya buaya tersebut akan dilepasliarkan ke habitatnya di Sungai Sapalewa di Desa Wahai, Kecamatan Seram Utara Kabupaten Maluku Tengah,” tandasnya. (BB-DIO)