BERITABETA. COM, Papua – Markas Polres Kepulauan Yapen, Papua menerima puluhan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata [KKB], Kampung Ambaidiru Distrik Kosiwo, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua yang menyerahkan diri, Sabtu (18/12/2021).

Mereka mengaku kembali ke pangkuan NKRI dan menyatakan diri bergabung kembali ke NKRI dalam ikrar bersama di Mapolres Kepulauan Yapen disaksikan Kapolres Yapen AKBP Ferdyan Indra Fahmi, Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Catur Prasetyo, Asisten II Setda Yapen dan Kepala Kesbangpol Kepulauan Yapen. 

"Kami selaku aparat keamanan di sini, Polres Kepulauan Yapen dan Kodim 1709/Yawa mempunyai komitmen yang tinggi untuk menjaga wilayah kita, di mana masyarakat Yapen telah kami anggap sebagai bagian dari keluarga" kata AKBP Ferdyan Indra Fahmi dalam siaran persnya kepada media,  Minggu (19/12/2021).

Ferdyan mengatakan, di samping  melaksanakan kegiatan penegakan hukum, pihaknya terus melakukan upaya penegakan secara persuasif dan humanis.

 "Kami akan terus memberikan pemahaman serta meyakinkan saudara-saudaraku semuanya bahwa aparat TNI-Polri yang ada di Kepulauan Yapen ini bukan sebagai musuh tapi sebagai keluarga," ujarnya.  

Diaktakan, selama ini pemerintah terus hadir untuk membangun Kepulauan Yapen dan membantu percepatan kesejahteraan untuk bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat, dari sisi pendidikan dan dari sisi kesehatan. 

"Kita juga fokus melindungi masyarakat serta menjaga masyarakat dalam menyongsong perayaan Hari Natal. Kita harus pastikan bahwa perayaan Natal berjalan dengan damai dan aman sehingga saudara kita semua  melaksanakan ibadah dengan tenang," ujarnya. 

Hal senada juga disampaikan Dandim 1708/Yawa Letkol Inf Catur Prasetyo yang mengatakan bahwa keberadaan TNI dan Polri bukan untuk menakut-nakuti.

"Kita di sini bersama-sama ingin memajukan pembangunan yang ada di wilayah Kepulauan Yapen," katanya.

Salah satu anggota KKB yang menyerahkan diri Ambaidiru mengaku telah salah memilih bergabung dengan kelompok separatis.

"Kami telah salah memilih jalan, maka itu sekarang kami mau kembali untuk bersatu kita bersama-sama mewujudkan persatuan Republik Indonesia. Bapak Kapolres sudah sampaikan kita tidak perlu lagi Merdeka, kami semua sudah sepakat untuk mengantarkan diri kesini dan mengaku kesalahan-kesalahan kami," ujarnya. 

Kasatgas Humas Nemangkawi, Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengimbau agar anggota KKB lainya mengikuti jejak saudaranya yang menyerahkan diri pada NKRI. 

"Agar situasi kamtibmas lebih kondusif dan konsentrasi dapat fokus pada membangun daerah dengan meningkatkan SDM maupun saran dan prasarana untuk mendukung kehidupan masyarakat untuk mencipta kan kemakmuran," ujarnya (*)

Editor : Redaksi