BERITABETA.COM, Ambon – Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena akhirnya melakukan perombakan birokrasi di tubuh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon pada, Jumat (27/10/2023).

Perombakan birokrasi ini dilakukan dengan menempatkan sebanyak 12 pejabat di lingkup Pemkot Ambon pada sejumlah jabatan esolon II.

Pantaun media ini, pelantikan yang berlangsung  Balai kota Ambon ini, terdapat beberapa pejabat yang digeser menduduki jabatan baru sebagai kepala dinas.

Para pejabat yang dilantik antara lain, Piet Saimima menjadi Kepala DPMPTSP, Mien Tupamahu menjadi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Ambon, DR. Fahmi Salatalohy menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ambon dan Steven Dominggus Kepala BKPSDM Ambon.

Keempat nama diatas menjadi pejabat defenitif karena sebelumnya menjabat Plt pada dinas-dinas tersebut.

Selanjutnya Apries Gaspersz yang sebelumnya Kepala BPKAD Ambon dipindah sebagai Sekretaris DPRD Kota Ambon. Posisi Gaspersz diisi Jacob Silanno, Kepala Inspektorat.

Sedangkan posisi Inspektur Kota Ambon dipercaya kepada perempuan yang saat ini Plt Kepala PDAM Ambon, Rulien Purmiasa.

Sementara Kadis Perhubungan Kota Ambon diisi oleh Yan Suitela yang sebelumnya adalah Kepala Kesbangpol Ambon. Pejabat sebelumnya  Robby Sapulette ditempatkan diposisi baru sebagai sebagai Asisten III.

Kemudian Kadisperindag, Sir Jhon Slarmanat digeser sebagai Kepala Dinas Sosial. Posisi Slarmanat diisi Josias Loppies, Kasatpol PP Ambon. Terakhir, Richard Luhukay, Kadispora mengisi jabatan yang ditinggal Loppies sebagai Kasatpol PP.

Perombakan birokrasi ini berdasarkan surat keputusan (SK) Penjabat Walikota Ambon nomor 1744 tahun 2023, mengacu pada surat Kepala Aparatur Sipil Negara (KASN) tertanggal 7 Agustus 2023, surat Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) tertanggal 6 Oktober 2023 yang berisi pertimbangan teknis mutasi di lingkungan Pemkot Ambon dan surat Menteri Dalam Negeri tertanggal 27 Oktober 2023.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji pejabat tinggi Pratama di lingkungan Pemkot Ambon itu turut disaksikan Ketua DPRD Kota Ambon dan Forkopimda Kota Ambon serta Sekretaris Kota Ambon (*)

Pewarta : Febby Sahupala