BERITABETA.COM, Ambon - Pemerintah melalui Devisi Regional Bulog Maluku kembali menyalurkan bantuan pangan tahap III di Kota Ambon dan Maluku secara umum.

Bantuan beras  untuk alokasi bulan Agustus, Oktober, dan Desember 2024 ini disalurkan kepada penerima dengan jumlah tiap penerima mendapat 10 kilogram beras per bulan.

Peluncuran kegiatan ini bantuan pangan ini dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Ambon Muhammad Abdul Azis, didampingi oleh Kepala Perum Bulog Kanwil Maluku Utara, Mara Kamin Siregar, dan Kepala PT. Pos Cabang Ambon Daniel Situmeang, berlokasi di Gudang Bulog Halong, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Kamis (1/8/2024).

Kepala Perum Bulog Kanwil Maluku-Malut, Mara Kamis Siregar mengatakan, khusus wilayah Kota Ambon ada 11.430 penerima bantuan pangan (PBP) dan secara umum di Provinsi Maluku 128.444 PBP.

Dikatakan, terdapat beberapa kabupaten/ kota yang sementara melakukan verifikasi data ulang, dan diharapkan segera selesai, sehingga penyaluran bantuan bulan Agustus bisa dilakukan tepat waktu.

"Khusus hari ini, launching penyaluran bantuan pangan juga dilakukan di Kabupaten Buru, Kota Tual, dan Kota Ternate-Maluku Utara," kata Kabulog.

Menurutnya, penyaluran bantuan pangan ini dapat membantu mengendalikan angka inflasi sebagaimana hasil analisis data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE) tahun 2023.

Olehnya itu diharapkan penyaluran alokasi Agustus dapat tepat waktu dan tepat sasaran sesuai ketentuan pusat, guna membantu masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Ambon, Muhammad Abdul Aziz menjelaskan pemberian bantuan pangan bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan sekaligus sebagai upaya dalam mengentaskan kemiskinan, menanggulangi kekurangan pangan dan gizi, menurunkan stunting, mengendalikan gejolak harga pangan dan inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen.

"Ini adalah bentuk komitmen pemerintah untuk mendukung ketersediaan pangan di masyarakat," jelasnya.

Diharapkan, penyaluran bantuan beras di Kota Ambon dapat selesai pada pekan pertama Agustus 2024 (*)

Pewarta : Febby Sahupala