BERITABETA.COM, Masohi -  Bupati Maluku Tengah [Malteng] Tuasikal Abua mengungkapkan keberadaan gereja atau rumah ibadah tidak semata dimaknai sebagai sebuah bangunan.

Lebih dari itu, keberadaan gereja harus dimaknai sebagai pusat pembentukan karakter dan moral umat dalam menghadapi tatanan kehidupan yang semakin kompleks kedepannya.

 “Pembangunan sarana dan prasarana pendukung pelayanan yang reprensentatif menjadi penting untuk diwujudkan bersama sebagai penunjang persekutuan umat Tuhan dalam rangka pelayanan pembangunan iman jemaat kedepan,” kata Tuasikal Abua dalam sambutannya saat menghadiri Pentasbihan dan Peresmian Gereja Paroki St. Yohanes Penginjil Masohi,  Sabtu (03/09/2022).

Bupati yang akan mengakhiri masa jabatannya pada 8 September 2022 ini mengharapkan keberadaan gedung Gereja Paroki St. Yohanes Penginjil dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Bangunan ini harus terus dijaga, dirawat dengan sebaik-baiknya agar  seluruh umat Katolik akan semakin bertumbuh dan terpacu untuk menjaga persekutuan hidup bersama, serta dapat mengambil peran yang positif guna mendorong kehidupan yang aman dan damai di daerah ini,” pintanya.

Tuasikal juga menyampaikan selama ini relasi antara Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah berjalan harmonis dengan Gereja Katolik dalam hal ini Paroki Santo Yohanes Penginjil Masohi bahkan dengan seluruh umat beragama di Kabupaten Maluku Tengah.

Untuk itu, kata dia, Pemerintah Kabupaten Malteng sangat menaruh harapan yang besar kepada seluruh pimpinan umat beragama untuk dapat menjalankan peran nyata dalam melaksanakan pembinaan karakter dan moral kepada umat dan masyarakat.

“Kita berharap ini terus terjaga guna mendukung tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk membangun daerah ini kedepannya,” ungkap Tuasikal.

Hadir dalam acara tersebut MGR. Seno Ngutra, Uskup Dioses Amboina, Ketua Majelis Ulama Indonesia Provinsi Maluku, Abdullah Latuapo , Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Maluku, Ketua DPP Santo Yohanes Penginjil Masohi, Andrias Intan, anggota legislative dan pimpinan OPD di lingkup pemkab Malteng (*)

Pewarta : Edha Sanaky