BERITABETA.COM, Bula — Balai Wilayah Sungai [BWS] Maluku menyalurkan bantuan ratusan lembar geobag kepada dua desa terdampak banjir rob dan gelombang pasang masing-masing  Negeri Hote, Kecamatan Bula Barat dan Negeri Administratif Sesar, Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT], Jumat (25/02/2022).

Koordinator Satgas Penanggulangan Bencana BWS Maluku, Zulfikar kepada beritabeta.com mengungkapkan, penyaluran ratusan lembar geobag itu sebagai upaya BWS Maluku dalam merespon bencana banjir rob yang terjadi pada 22 Februari 2022 lalu.

"Di Negeri Hote kita bantu 400 bal, nanti 200 bal lagi kita bawa ke Negeri Administratif Sesar," ungkap Zulfikar

Zulfikar menegaskan, Satgas Penanggulangan Bencana BWS Maluku hanya bisa menyediakan bahan bencana berupa bronjong, karung dan geobag untuk membantu menangani banjir dan longsor.

Kendati demikian, dalam peyaluran geobang itu, BWS Maluku berinisiatif membantu puluhan paket Sembilan Bahan Pokok [Sembako] kepada masyarakat terdampak banjir rob yang disebabkan oleh cuaca ekstrim.

"Kami cuma punya bahan penanganan banjir, hanya saja inisiatif kami untuk membantu masyarakat, cuma sedikit supermi dan beras," tegasnya.

Sementara itu Penjabat Negeri Hote, M. Yani Paitaha menandaskan, ratusan geobag tersebut akan dimanfaatkan untuk dipasang pada titik rawan banjir di Negeri yang dipimpinnya itu.

Yani mengaku, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Tentara Nasional Indonesia [TNI], Kepolisian Republik Indonesia [Polri] untuk bersama masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan pemasangan geobag yang ditargetkan dalam waktu dekat ini.

"400 lembar geobang yang disalurkan BWS Maluku itu diperkirakan bisa mencapai 300-400 meter untuk sementara," tandas M. Yani Paitaha. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi