BERITABETA.COM, Bula — Balai Wilayah Sungai [BWS] Maluku dan Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Seram Bagian Timur [SBT] meninjau secara langsung sejumlah lokasi yang menjadi titik rawan banjir di Kota Bula, Kamis (13/01/2022).

Pantauan media ini di Bula, dalam kunjungan tersebut, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum [PU] Umar Billahmar, Pelaksana Tugas [Plt] Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ilham Hoedrawi, Kepala Badan Penganggulangan Bencana [BPBD] Usman Keliobas dan Kepala Dinas PTSP SBT Saleh Sukunora.

Selain meninjau lokasi rawan banjir di kawasan bentaran Sungai Wailola Kecil, Dusun Waigondar, Kawasan Desa Wailola, Jalan Mufakat dan Pantai Tikus. Bupati bersama rombongan juga meninjau lokasi rencana pembangunan kolom retensi yang terletak di kawasan Air Kabur-Kabur.

Bupati SBT Abdul Mukti kepada beritabeta.com mengatakan, kunjungan Pemkab dan BWS Maluku itu untuk melihat secara langsung titik rawan banjir, guna dilakukan upaya penanganan segera.

Upaya segera yang akan dilakukan kata dia, akan dipasang bronjong dan geobag pada sejumlah badan sungai di Kota Bula untuk mengantisipasi banjir yang diakibatkan oleh luapan sungai sambil menunggu upaya jangka panjang yakni pembangunan kolom retensi pada 2023 mendatang.

"Kunjungan BWS Maluku dan pihak konsultan ke Bula ini untuk melihat sejauh mana upaya penanganan kita untuk menangani sedikit masalah banjir yang ada di Bula dengan cara nanti kita menggunakan bronjong dan geobag untuk penanganan sementara terhadap banjir," ungkap Abdul Mukti Keliobas.

Keliobas mengaku, banjir di Kota Bula itu sudah berlangsung sejak lama, namun terkendala dengan kekuatan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah [APBD] SBT, sehingga sampai saat ini belum bisa ditangani.

Untuk itu, Bupati SBT dua periode itu menyampaikan permohonan maaf kepada semua warga di kabupaten yang berada di Pulau Seram paling ujung tersebut, terutama warga di Kota Bula.

"Alhamdulillah respon yang luar biasa dari BWS Maluku, saya menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada BWS yang sudah berkunjung kesini sekaligus melihat secara langsung kondisi kekinian yang ada di SBT," ujarnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi