BERITABETA.COM, Bula — Beberapa desa di wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), hingga saat inib dana desa tahap tiga tahun anggaran 2020 belum dicairkan pemerintah setempat. Akibatnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3MD) Kabupaten SBT didemo.

Aksi demonstrasi dilakukan oleh Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Cabang SBT bersama Pemuda SBT berlangsung di depan kantor P3MD SBT, Rabu (17/3/2021) di Bula, Ibukota Kabupaten SBT.

Menurut pendemo, akibat dari keterlambatan pencairan DD tahap tiga tahun 2020, menyebabkan perekonomian di wilayah SBT menjadi terpuruk, akibat minimnya perputaran uang di tengah masyarakat bumi Ita Wotu Nusa tersebut.

“Dana Desa ini bagian dari sumber untuk memperbelanjakan setiap kebutuhan masyarakat di daerah, termasuk di dalamnya Bantuan Langsung Tunai atau BLT,” teriak Ayub Rumbaru saat berorasi.

Ia meminta pihak P3MD untuk turun ke lapangan melihat kondisi masyarakat SBT secara menyeluruh. “Kondisi negeri ini seperti apa sekarang, macet dalam masalah pembangunan. Masyarakat lagi susah, coba turun lihat kondisi masyarakat," pintanya.

Mantan aktivis HMI yang juga alumni salah satu Kampus Provinsi Papua Barat ini mengaku, keterlambatan yang dialami oleh dinas yang dipimpin Jafar Kwairumaratu itu adalah tentang hal teknis saja.