BERITABETA.COM, Ambon – Komandan Kodim 1504/Ambon Letkol Inf Christian Soumokil mengungkapkan, tugas Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Inspektorat Kodam (Itdam) XVI/Pattimura sangat penting dalam memiliki nilai manfaat yang besar dalam meningkatkan kinerja organisasi dan juga peningkatan kinerja.

Hal ini disampaikan Letkol Inf Christian Soumokil saat menyambut kedatangan Wasrik Inspektorat Kodam (Itdam) XVI/Pattimura di Aula Makodim 1504 Ambon, Senin (22/3/21).

Menurutnya, kegiatan Wasrik pada hakikatnya merupakan aplikasi dari salah satu fungsi manajemen, yaitu fungsi kontrol dan alat kendali bagi penyelenggaraan mekanisme kerja organisasi yang telah dicapai.

“Kegiatan dalam rangka pengawasan dan pemeriksaan mulai dari sistem administrasi hingga pelaksanaan kegiatan dengan sasaran Post Audit Kodam XVI Pattimura TA.2020 ini, untuk di tahun 2021 ini agar lebih baik sesuai dengan petunjuk dan arahan Komando Atas,”jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Dandim 1504/Ambon juga mengucapkan selamat datang kepada Tim Wasrik Itdam Kodam XVI/Pattimura di Kodim 1504/Ambon.

Dikatakan, kedatangan Tim Wasrik ini mampu memberikan pencerahan dan solusi dalam peningkatan kualitas kinerja serta terwujudnya tertib administrasi yang menyangkut bidang Intel Pam, Ops, Pers, Log dan Ter serta bidang perbendaharaan di satuan sehingga pelaksanaannya dapat sesuai dengan ketentuan, prosedur dan aturan yang berlaku di lingkungan TNI AD.

Untuk itu, Dandim berharap, kepada satuan Kodim 1504/Ambon, Ketua Tim Wasrik Kolonel Kav. Soleh untuk melanjutkan dan kooperatif dalam memberikan data- data yang lengkap dan akurat.

“Ini bertujuan bila dalam pelaksanaan program ditemukan adanya kesalahan atau kekurangan kelengkapan administrasi maka akan diberikan masukan sesuai ketentuan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya penyimpangan anggaran,” bebernya.

Adapun sasaran yang dituju dalam pemeriksaan ini yakni program kerja dan anggaran Tahun 2020 yang sudah dilaksanakan tentunya hal ini harus dijadikan masukan sehingga satuan Kodim 1504/Ambon akan menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Dikatakan, kegiatan ini hendaknya jangan dijadikan sebagai sesuatu yang memberatkan, tetapi justru jadikan sebagai peluang untuk memperoleh masukan konstruktif, guna pemecahan berbagai kekurangan, khususnya yang bersifat teknis atau prosedural, agar dapat dijadikan acuan bagi pelaksanaan tugas selanjutnya.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut  Ketua Tim Irutben XVI/Ptm Kolonel Kav Soleh, Irdyaops Itutum Sekretaris/Parik Itdam XVI/Ptm Bid. Ops dan Pers Syamsul Mayor Inf, Irdyaverku Anggota Parik Itutben Itdam Bid. Intel XVI/Ptm Letnan Kolonel Inf Fajar Wibawa Angkasa, Irdyalog Itutum Anggota/Parik Itdam XVI/Ptm.

Kemudian, Bid. Log Mayor Cba Letnan Kolonel Arh Meydi Padmo Nugroho, Irdyavermat Anggota/Park Itutben Itdam Bid. Ter XVI/Ptm Adi Prayogo Choirul Fajar, Irdyarenproggar Anggota/Parik Itutben itdam Bid Renproggar XVI/Ptm Letnan Kolonel Inf Drs. Rahadian Fahmy, Itutum itdam XVI/Ptm John C. Selanno (PNS Ild/ Turmin Agenda Operator) (BB-YP)