BERITABETA.COM, Ambon – Calon Gubernur Maluku, Hendrik Lewerissa mengungkapkan banyak hal yang menjadi alasan terkait pencalonan dirinya sebagai Gubernur Maluku pada Pilkada Maluku 2024.

Salah satu alasan yang membuatnya kokoh memutuskan untuk tampil sebagai kontestan di Pilkada Maluku bersama wakilnya Abdullah Vanath adalah perintah dari Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang juga Presiden RI terpilih.

“Saya diminta Pak Prabowo untuk jadi Gubernur Maluku. Beliau (Pak Prabowo) bilang ke saya, Pak Hendrik, saya ingin kamu jadi Gubernur Maluku,” ungkap Calon Guburnur Nomor 3, Hendrik Lewerissa saat membawakan pidato politiknya di acara deklarasi relawan yang berlangsung di Latery Beach, Ambon, Senin (7/10/2024).

Politisi Partai Gerindra Maluku ini mengaku, terdapat sejumlah alasan yang menjadi dasar pikirnya bersama Prabowo Subianto dan salah satunya adalah potensi alam Maluku yang selama ini belum terkelola dengan maksimal.

“Kasihan Maluku itu, daerahnya begitu kaya kalian tertinggal, kalian miskin dan terbelakang,” ungkap Hendrik menirukan perkataan Prabowo Subianto saat bertemu empat mata di Jakarta.

Hendrik mengaku, perintah pimpinannya ini yang membuatnya tidak berdaya untuk menolak. Apalagi, kata dia, yang disampaikan Prabowo itu bukan perintah menjadi calon Gubernur Maluku tapi keinginan beliau agar dirinya menjadi Gubernur Maluku.

“Jadi perintah ini sangat jelas, dan saya harus mengikuti perintah itu,” kata Hendrik di hadapan ratusan relawan yang hadir.

Sementara secara terpisah di hadapan ratusan relawan pada acara Deklarasi Relawan 1001 di kediaman Calon Wakil Guburnur Maluku Abdullah Vantah, kawasan Lorong Putri, Ketua DPD Partai Gerindra Maluku ini pun mejelaskan banyak pertimbangan yang membuatnya akhirnya tampil sebagai kontestan di Pilkada Maluku.

Hendrik menuturkan, tidak gampang untuk memutuskan tampil menjadi calon Gubernur Maluku, pasalnya dirinya baru saja terpilih menjadi Anggota DPR RI hasil Pemilu 2024.

“Saya harus sampaikan ini, karena menjadi anggota DPR RI itu sama halnya berada di zona nyaman. Negara benar-benar memfasilitasi kita dengan segala bentuk fasilitasnya. Mulai dari makan minum, sampai fasilitas lainnya. Jadi jika ada yang bilang saya rakus jabatan, maka saya pastikan bahwa itu pemikiran yang keliru, karena saya mundur dan tidak merangkap jabatan,” urainya.

Ia pun menambahkan, keputusannya tampil sebagai Calon Guburnur Maluku di Pilkada Maluku 2024 ini, karena murni ingin berbuat lebih untuk kemajuan Maluku kedepan demi rakyak Maluku.

“Jika saat ini kepemimpinan di Maluku itu baik-baik saja dan mengalami kemajuan, maka saya pastikan saya tidak akan maju menjadi calon Gubernur Maluku dan memilih mendukung kepemimpinan yang ada, tapi sekali lagi saat ini Maluku dalam kondisi yang tidak baik-baik saja dan saya bersama Abdullah Vanath ingin berbuat perubahan untuk Maluku kedepan,” pungkasnya disambut tepuk tangan ratusan relawan yang hadir (*)

Editor : dhino. P