BERITABETA.COM, Namlea - Kodim 1506/Namlea menggandeng Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI untuk menyelenggarakan Liga Santri Tingkat Kabupaten Buru.

Pasiter Kodim 1506/Namlea, Kapten Inf A Tumenggung dalam siaran pers yang diterima Rabu (16/2/2022), menjelaskan, kompetisi sepak bola Liga Santri yang memperebutkan Piala Kasad akan mulai digelar sekitar dua minggu setelah Lebaran 2022. Liga Santri akan diawali dengan penyisihan tingkat kabupaten/kota lalu berlanjut ke provinsi. 

"Semua ini nantinya diawasi oleh Asosiasi Kabupaten/Kota dan Asosiasi Provinsi PSSI bekerja sama dengan komando wilayah TNI AD setempat," kata Tumenggung.

Ia menjelaskan, hasil seleksi ini nantinya  tim terbaik dari kabupaten/kota di Maluku akan berkompetisi di tingkat propinsi Maluku  dan satu tim terbaik akan melangkah  ke putaran nasional yang rencananya berlangsung di Jakarta.

"Sesuai rencana, pembukaan digelar di Jawa Timur dan penutupan di Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Semoga nanti sudah bisa dengan penonton," tutur Tumenggung.

Menurut Tumenggung, khusus di Kabupaten Buru dan Buru Selatan,  seleksi Liga Santri mulai disosialisasikan ke pesantren-pesantren.

Sesuai harapan  Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Dudung Abdurachman, nantinya Liga Santri Piala Kasad dapat menghasilkan bibit-bibit unggul persepakbolaan nasional.

Kasad  juga ingin Liga Santri  dapat menjadi wadah silaturahmi para santri yang ada di Indonesia.

"Menjalin silaturahmi itu penting, apalagi antar santri di Indonesia. Kami pun berharap liga ini dapat menghasilkan atlet dengan karakter bagus dan sportivitas yang tinggi," tutur Tumenggung menyampaikan pesan Kasad.

Tumenggung menambahkan, seleksi Liga Santri tingkat Kabupaten Buru dan Buru Selatan diharpakna  mampu mendapatkan tim terbaik , bibit muda berbakat yang berusia di bawah 18 tahun.

Nantinya, tim berkekuatan 25 pemain ini akan dibawa bertanding di seleksi tingkat propinsi Maluku di Ambon (*)

Pewarta : Abd. Rasyid